STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS PADA DOMINANSI JENIS MANGROVE BERBEDA DI KELURAHAN TALAKA KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP = Macrozoobentos Community Structure on the Dominance of Different Mangrove Species in Talaka Village, Ma'rang District, Pangkep Regency


Rayo, Rifka Agnes (2022) STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTOS PADA DOMINANSI JENIS MANGROVE BERBEDA DI KELURAHAN TALAKA KECAMATAN MA’RANG KABUPATEN PANGKEP = Macrozoobentos Community Structure on the Dominance of Different Mangrove Species in Talaka Village, Ma'rang District, Pangkep Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011181360_skripsi_15-12-2022 cover1.png

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011181360_skripsi_15-12-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011181360_skripsi_15-12-2022 dp.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011181360_skripsi_15-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

RIFKA AGNES RAYO. L011181360. “Struktur Komunitas Makrozoobentos pada Dominansi Jenis Mangrove Berbeda di Kelurahan Talaka Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep”. Dibimbing oleh bapak Amran Saru selaku pembimbing utama dan bapak Khairul Amri sebagai pembimbing pendamping.
Makrozoobentos adalah salah satu organisme penting dalam ekosistem mangrove karena berperan sebagai organisme kunci dalam jaring-jaring makanan yaitu sebagai organisme detritivora pada sedimen dengan cara memakan serasah dari mangrove. Sedimen menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi vegetasi mangrove dalam suatu ekosistem sehingga dapat diketahui makrozoobentos mana yang menghuni sedimen dimana tumbuh jenis mangrove tertentu. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui komposisi jenis makrozoobentos, untuk mengetahui komposisi jenis mangrove dan untuk menganalisis struktur komunitas makrozoobentos pada dominansi jenis mangrove berbeda di Kelurahan Talaka, Kec. Ma’rang, Kab. Pangkep. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Oktober 2022. Pengambilan sampel makrozoobentos yaitu epifauna dengan langsung menggunakan tangan dan infauna dengan manggunakan sekop luas area 20 cm x 20 cm kemudian disaring menggunakan jaring kasa dengan mesh size 1 mm lalu sampel dibawa untuk diidentifikasi di laboratorium. Pengambilan sampel mangrove meliputi identifikasi jumlah jenis mangrove dan pengukuran lingkar batang yang dilakukan langsung di lapangan. Parameter lingkungan yang diamati yaitu suhu, salinitas, pH, berat butir sedimen, dan kandungan BOT sedimen. Pengambilan sampel dilakukan pada 5 stasiun dengan kondisi dominansi jenis mangrove berbeda dan pengukuran parameter lingkungan dilakukan masing-masing 3 kali ulangan. Analisis untuk membandingkan kelimpahan makrozoobentos antar stasiun penelitian digunakan uji statistik One-way ANOVA dengan bantuan software SPSS 16. Kemudian digunakan uji regresi linear sederhana untuk melihat hubungan antara kelimpahan makrozoobentos dengan kerapatan mangrove. Hasil didapatkan komposisi jenis makrozoobentos yang ditemukan yaitu terdiri atas 13 jenis makrozoobentos yang berasal dari 3 kelas dengan jumlah total 512 individu. Komposisi jenis mangrove yang ditemukan yaitu terdiri atas 7 jenis mangrove yang berasal dari 4 famili dengan jumlah total 216 pohon. Adapun struktur komunitas makrozoobentos meliputi kelimpahan makrozoobentos dan indeks ekologi. Nilai kelimpahan makrozoobentos tertinggi ditemukan di stasiun 1 yang didominasi jenis mangrove Avicennia alba sedangkan nilai kelimpahan makrozoobentos terendah ditemukan di stasiun 4 yang didominasi jenis mangrove Rhizophora mucronata. Hasil analisis Indeks Ekologi pada lima stasiun penelitian : untuk indeks keanekaragaman jenis kategori rendah untuk seluruh stasiun; untuk indeks keseragaman jenis bervariasi yaitu stasiun 3 kategori stabil, stasiun 1, 2, dan 4 kategori labil dan stasiun 5 kategori tertekan; untuk indeks dominansi bervariasi yaitu stasiun 1, 2, dan 3 kategori dominansi rendah, stasiun 4 kategori dominansi sedang, dan stasiun 5 kategori dominansi tinggi.

Kata kunci : Kelurahan Talaka, Makrozoobentos, Mangrove

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talaka, Makrozoobentos, Mangrove
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:58
Last Modified: 22 Feb 2023 01:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item
View Item