PERBEDAAN KARAKTERISTIK PANTAI TERHADAP KOMPOSISI DAN KELIMPAHAN SAMPAH PLASTIK LAUT DI PERAIRAN KOTA PAREPARE SULAWESI SELATAN = DIFFERENCES IN BEACH CHARACTERISTICS ON THE COMPOSITION AND ABUNDANCE OF MARINE PLASTIC WASTE IN THE WATERS OF PAREPARE CITY, SOUTH SULAWESI


Anastasya, Ina (2022) PERBEDAAN KARAKTERISTIK PANTAI TERHADAP KOMPOSISI DAN KELIMPAHAN SAMPAH PLASTIK LAUT DI PERAIRAN KOTA PAREPARE SULAWESI SELATAN = DIFFERENCES IN BEACH CHARACTERISTICS ON THE COMPOSITION AND ABUNDANCE OF MARINE PLASTIC WASTE IN THE WATERS OF PAREPARE CITY, SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011181329_skripsi_30-11-2022 cover1.png

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011181329_skripsi_30-11-2022 1-2.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011181329_skripsi_30-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011181329_skripsi_30-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Ina Anastasya. L011181329. “Perbedaan Karakteristik Pantai Terhadap Komposisi dan Kelimpahan Sampah Plastik Laut di Perairan Kota Parepare Sulawesi Selatan” dibimbing oleh Muh. Farid Samawi sebagai Pembimbing Utama dan Mahatma Lanuru sebagai Pembimbing Anggota.
Sampah plastik yang ada di laut semakin hari kian meningkat. Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk menghancurkan atau membuang sampah plastik seperti menguburnya di tanah atau membakarnya. Namun upaya tersebut menimbulkan masalah lain seperti dihasilkannya gas hasil pembakaran, penyumbatan aliran air, dan munculnya plastik ke permukaan lagi setelah ditimbun, sehingga kajian tentang keberadaan sampah plastik khususnya di wilayah pantai perlu diperhatikan dan menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi dan kelimpahan sampah plastik pada karakteristik pantai yang berbeda serta menganalisis kaitan karakteristik perairan Pantai yang berbeda terhadap komposisi dan kelimpahan sampah plastik di Perairan Kota Parepare. Komposisi dan Kelimpahan sampah plastik berdasarkan jumlah dan berat terlihat paling banyak ditemukan pada Pantai Mattirotasi hal ini karena pantai ini memiliki sumber sampah yang lebih banyak dibanding kedua lokasi lainnya dimana terdapat aktivitas nelayan yang padat bahkan sampai mendirikan pondok di pinggir pantai, terdapat taman serta pedagang yang berjualan di sekitar Pantai. Kemudian berdasarkan hasil pengukuran parameter oseanografi fisiknya Pantai Mattirotasi memiliki nilai kecepatan arus yang paling lambat pada saat surut dan memiliki nilai kecepatan arus yang lebih cepat dibanding kedua lokasi lainnya dan memiliki nilai persentase kemiringan yang lebih rendah dibanding kedua lokasi lainnya.

Kata kunci : Sampah Plastik, Oseanografi fisika, Perairan Kota Parepare.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Plastic Waste, Physical Oceanography, Parepare City Waters
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:40
Last Modified: 21 Feb 2023 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25224

Actions (login required)

View Item
View Item