MODEL PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BERBASIS BUDAYA KULINER DI TINGKAT SMP KOTA PAREPARE


RAHMANIAR, RAHMANIAR (2020) MODEL PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BERBASIS BUDAYA KULINER DI TINGKAT SMP KOTA PAREPARE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of sampul]
Preview
Image (sampul)
F012182002_tesis cover1.png

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
F012182002_tesis dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
F012182002_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
F012182002_tesis--------.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMANIAR. Model Pembelajaran Muatan Lokal Berbasis Budaya Kuliner di Tingkat SMP Kota Parepare (dibimbing oleh Lukman dan Gusnawaty).

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran muatan lokal berbasis budaya kuliner dalam penguatan pendidikan karakter siswa di tingkat SMP Kota Parepare serta menguji efektivitasnya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli, lembar angket respon siswa, dan guru. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Adapun data kualitatif dianalisis dengan interpretasi humanistik.

Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran muatan lokal berbasis budaya kuliner dengan nama Participants, Objective, Culinary, Creative, and Integrity (POCCI) Learning’s Model. Lima komponen dalam model, yaitu Partisipants: guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai inisiator. Objektive: model ini melalui proses secara objektif dengan memperhatikan minat dan keseluruhan gaya belajar siswa. Culinary: muatan materi, media, dan metode ajar berbasis budaya kuliner. Creative: model dirancang kreatif dan diharapkan dapat membentuk siswa kreatif pula. Integrity: penguatan integritas, khususnya karakter religius, kerja keras, apresiasi budaya, dan kepedulian sosial. Model pembelajaran ini merupakan model yang efektif diterapkan di tingkat SMP Kota Parepare dengan efektivitas model mencapai 92.5% atau berada di kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:03
Last Modified: 24 Feb 2021 03:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item
View Item