PENGEMBALIAN UANG YANG TIDAK SESUAI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI SWALAYAN


Marianti, Serli (2012) PENGEMBALIAN UANG YANG TIDAK SESUAI DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI SWALAYAN. Skripsi thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--serlimaria-5095-1-13-serli-3.pdf

Download (659kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum
terhadap konsumen yang mendapatkan pengembalian uang yang tidak
sesuai dalam transaksi jual beli di swalayan dan upaya yang dilakukan
konsumen jika dirugikan serta mengetahui bentuk pertanggungjawaban
pengelola swalayan yang membayarkan pengembalian uang yang tidak
sesuai dalam transaksi jual beli di swalayan sehingga merugikan
konsumennya.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar khususnya pada
Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Makassar,
Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Propinsi Sulawesi Selatan serta
pada pelaku usaha swalayan (Indomart, A+, Alfa Midi, Alfa Express, Alfa
Mart) dan konsumen di Kota Makassar yang dirugikan. Untuk mencapai
tujuan tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan
mendatangi langsung lokasi penelitian melalui wawancara atau tanya
jawab serta melakukan studi dokumentasi. Selanjutnya data yang
diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif kemudian disajikan
secara deskriptif, yaitu menguraikan, menggambarkan dan menjelaskan
permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan penulisan skripsi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perlindungan hukum
konsumen swalayan jika ditinjau dari sudut konsumen secara umum diatur
dalam UUPK Pasal 4 huruf (e) dan huruf (g). Sedangkan jika ditinjau dari
sudut pelaku usaha secara umum juga diatur dalam UUPK Pasal 7 huruf
(a). (2) Upaya yang dapat dilakukan konsumen swalayan Kota Makassar
jika dirugikan akibat pengembalian uang yang tidak sesuai dalam
transaksi jual beli dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni (i) Upaya
pengaduan konsumen ke BPSK (ii) Upaya pengaduan konsumen ke YLK
Propinsi Sulawesi Selatan dan (iii) dengan cara menggugat pihak
swalayan tersebut. (3) Bentuk tanggung jawab pihak pengelola swalayan
yang membayarkan pengembalian uang yang tidak sesuai dalam
transaksi jual beli sudah cukup baik (dengan cara meminta maaf disertai
penggantian sesuai jumlah kerugian konsumennya)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: “Pengembalian Uang,Transaksi Jual Beli Di Swalayan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:26
Last Modified: 16 Feb 2023 02:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item
View Item