GAMBARAN DIMENSI PENGALAMAN PASIEN BERDASARKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022


Kahar, Nurul Fadhilah (2022) GAMBARAN DIMENSI PENGALAMAN PASIEN BERDASARKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181028_skripsi_17-01-2023 cover1.png

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181028_skripsi_17-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181028_skripsi_17-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181028_skripsi_17-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pengukuran pengalaman pasien yang meminta pasien untuk mengevaluasi apa yang terjadi, pengalaman pasien ingin menggali apa yang sebenarnya terjadi. Pengukuran pengalaman pasien, untuk melihat aspek tingkat kepentingan dan tingkat kinerja berdasarkan variabel patient experience juga penting. Importance Performance Analysis (IPA) untuk menampilkan informasi berkaitan faktor-faktor pelayanan yang menurut pelanggan perlu ditingkatkan karena kondisi belum memuaskan kemudian digambarkan dalam diagram kartesius. Data hasil survey kepuasan pasien di RSUD Labuang Baji belum mencapai standar kepuasan yang ditetapkan oleh Kemenkes RI (2017). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat gambaran dimensi pengalaman pasien berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA) di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini jumlah rata-rata pasien perawatan umum Instalasi Rawat Inap 3 bulan terakhir di RSUD Labuang Baji Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021, sebanyak 480 populasi dan jumlah sampel sebanyak 172 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling selanjutnya dianalisis secara unvariat menggunakan aplikasi SPSS metode Important Performance Analysis (IPA).
Hasil dari penelitian ini yaitu dari 6 dimensi terdiri 22 atribut. Dimensi pendaftaran rumah sakit terdiri dari 3 atribut, 2 atribut terletak pada kuadran A, yaitu bantuan informasi sebelum masuk ke rumah sakit, perasaan pasien tentang perawatan sejak tiba di rumah sakit hingga ke ruang rawat inap. 1 atribut berada pada kuadran B perasaan pasien lama waktu tunggu memanggil perawat. Dimensi kondisi lingkungan rumah sakit dan rawat inap dari 6 atribut, 1 atribut berada pada kuadran A yaitu kenyamanan pasien dari suara bising pengunjung rumah sakit 1 atribut berada pada kuadran B yaitu rumah sakit menyediakan fasilitasi ibadah 3 atribut berada pada kuadran C yaitu kamar mandi dan toilet selalu bersih, terdapatnya dinding atau tirai yang memisahkan dengan pasien lain dan tersedianya sabun pencuci tangan atau cairan pembersih tangan. dan 1 atribut berada pada kuadran D yaitu kamar perawatan selalu bersih. Dimensi informasi dan komunikasi dari 4 atribut semua atribut berada pada kuadran C yaitu informasi tentang kondisi yang terjadi pada pasien, komunikasi perawat tentang rasa sakit pasien, penjelasan dokter tentang konidisi dan pengobatan pasien yang mudah dimengerti pasien dan manfaat dari pengobatan yang diberikan mudah dimengerti pasien. Dimensi koordinasi pelayanan dari 3 atribut semua atribut berada pada kuadran D yaitu dokter dan perawat bekerja sama dengan baik, pendapat dokter sejalan dengan pendapat perawat selama keperawatan dan tidak terjadi tummpang tindih antara tugas perawat dan dokter. Dimensi penjelasan yang jelas dari dokter dari 3 atribut semua atribut berada pada kuadran D yaitu dokter menjelaskan tentang kegunaan obat, dokter menjelaskan tentang bagaimana dan kapan obat diambil dan dikonsumsi dan dokter menjelaskan kepada pasien semua informsi yang pasien butuhkan kembali untuk pulih. Dimensi meninggalkan rumah sakit dari 3 atribut semua atribut berada pada kuadran D yaitu staf rumah sakit memberikan penjelasan terkait alur kelengkapan administrasi untuk pasien pulang, staf rumah sakit memberi informasi kepada pasien yang diperlukan membantu perawatan pasien dirumah dan staf rumah sakit memberi informasi kepada pasien tentang layanan kesehatan lebih lanjut setelah meninggalkan rumah sakit. Diharapkan pihak rumah sakit melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan di instalasi rawat inap dan memperhatikan strategi-strategi peningkatan kualitas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Pasien, Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:24
Last Modified: 16 Feb 2023 02:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item
View Item