KESESUAIAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE DI DESA MARANNU KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS = The Suitability and Strategy of Mangrove Ecotourism Development in Marannu Village, Lau Sub-district, Maros Regency


Anjani, Yani (2022) KESESUAIAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA MANGROVE DI DESA MARANNU KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS = The Suitability and Strategy of Mangrove Ecotourism Development in Marannu Village, Lau Sub-district, Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11115519_skripsi_04-11-2022 cover1.png

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11115519_skripsi_04-11-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11115519_skripsi_04-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11115519_skripsi_04-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 February 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

YANI ANJANI. L111 15 519. “Kesesuaian dan Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove di Desa Marannu Kecamatan Lau Kabupaten Maros” dibimbing oleh Amran Saru Sebagai Pembimbing Utama dan Ahmad Bahar sebagai Pembimbing Anggota.

Ekosistem mangrove merupakan ekosistem pantai yang disusun oleh berbagai jenis vegetasi yang mempunyai bentuk adaptasi biologis dan fisiologis secara spesifik terhadap kondisi lingkungan dan cukup bervariasi. Pengembangan ekowisata mangrove merupakan salah satu upaya pemanfaatan jasa lingkungan dari kawasan pesisir secara berkelanjutan. Ekowisata pada hutan mangrove dipandang dapat bersinergi dengan langkah konservasi ekosistem hutan secara nyata. Penelitian tentang kesesuaian dan strategi telah dilakukan pengukuran langsung untuk parameter lingkungan di Kawasan Mangrove Desa Marannu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada bulan Maret 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi dan kesesuaian ekowisata mangrove serta menentukan strategi pengembangan ekowisata mangrove di kawasan Mangrove Desa Marannu. Pengumpulan data primer terdiri dari parameter kesesuaian wisata pantai kategori wisata mangrove, seperti ketebalan mangrove, kerapatan mangrove, jenis mangrove, penutupan lahan (vegetasi), objek biota, pasang surut perairan, kedalaman perairan serta aksesibilitas dengan data sekunder berupa hasil wawancara dengan stakeholder dan masyarakat setempat. Metode yang digunakan untuk analisis hasil penelitian adalah metode deskriptif dengan bantuan analisis Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) dan analisis SWOT untuk menentukan strategi yang akan digunakan, menghasilkan nilai kesesuaian dan strategi pengembangan wisata. Berdasarkan hasil yang didapat dari perhitungan Indeks kesesuaian wisata kategori wisata mangrove adalah sebagian besar 80.50%. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan mangrove Desa Marannu Kabupaten Maros tergolong dalam kategori Sesuai (S1) untuk kegiatan ekowisata mangrove. Sedangkan nilai dari analisis SWOT 0.57;0.17 yang terletak pada kuadran I mendukung strategi agresif dengan kekuatan untuk memanfaatkan peluang.

Kata Kunci: Kesesuaian, Strategi, Pengembangan Ekowisata, Mangrove, Desa Marannu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Suitability, Strategy, Ecotourism Development, Mangrove, Marannu Village
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:17
Last Modified: 16 Feb 2023 02:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/25078

Actions (login required)

View Item
View Item