Analisis Hubungan Psychological Capital dengan Performa Perawat di RSUD Prof. Dr.H.M.Anwar Makkatutu Bantaeng


Ekawaty, Zulfi (2023) Analisis Hubungan Psychological Capital dengan Performa Perawat di RSUD Prof. Dr.H.M.Anwar Makkatutu Bantaeng. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012201015_tesis_31-01-2023 cover1.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012201015_tesis_31-01-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012201015_tesis_31-01-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012201015_tesis_31-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ZULFI EKAWATY, Analisis Hubungan Psychological Capital dengan Performa Perawat di RSUD Prof. Dr.H.M.Anwar Makkatutu Bantaeng ( dibimbing oleh Ariyanti Saleh dan Rini Rachmawaty).
Tingginya tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab perawat menyebabkan profesi perawat rentan mengalami kelelahan. Kelelahan kerja perawat secara signifikan meningkatkan kecemasan, serta depresi, yang mempengaruhi kesehatan psikologis, dan menurunkan kualitas serta performa perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Oleh karena itu diperlukan peningkatan performa bagi perawat secara positif melalui pendekatan psikologis menggunakan psychological capital dengan karakteristik dimensi yang dimilikinya yaitu self efficacy, optimism, harapan, dan resiliensi. Hal ini dijadikan sebagai modalitas kekuatan mental bagi perawat dalam menumbuhkan sikap positif, motivasi kerja, berkomitmen terhadap organisasi, dan keyakinan diri dalam menjalankan tanggung jawab untuk menampilkan performa yang lebih baik dalam pemberian asuhan keperawatan. Metode : Desain penelitian menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional, bertujuan untuk menganalisis hubungan psychological capital dengan performa perawat di RSUD. Prof.Dr. H. M. Anwar Makkatutu. Jumlah sampel 143 perawat dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling melalui pendekatan proportionate stratified random sampling, sumber data penelitian melalui penyebaran kuisioner dengan menggunakan instrumen penelitian psychological capital question (PCQ) dan performa perawat. Hasil : Uji hipotesis yang digunakan adalah koefisien kontingensi, dengan nilai p=0,000, menunjukkan korelasi antara psychological capital dengan performa perawat, hasil uji pada aspek dimensi self efficacy, optimis, resiliensi dengan nilai p=0,000, dan harapan dengan nilai p=0,072 menunjukkan harapan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan performa perawat, sedangkan dimensi resiliensi merupakan variabel yang paling berhubungan dengan performa perawat, di mana kekuatan hubungan yang tampak dari nilai OR resiliensi 4,702. Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa perawat yang memiliki psychological capital yang tinggi maka performa perawat dalam pemberian asuhan keperawatan akan semakin baik.
Kata kunci : psychological capital, performa, perawat

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: psychological capital, performa, perawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:14
Last Modified: 14 Feb 2023 07:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24970

Actions (login required)

View Item
View Item