GAMBARAN DIMENSI PENGALAMAN PASIEN BERDASARKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI


Nurul Fadhilah Kahar, - and Syahrir A. Pasinringi, - and Adelia U Mangilep, - GAMBARAN DIMENSI PENGALAMAN PASIEN BERDASARKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD LABUANG BAJI. Hasanuddin Journal of Public Health Volume 3 Issue 3 | October 2022.

[thumbnail of 4. 21275.pdf] Text
4. 21275.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Pengalaman Pasien adalah observasi langsung tentang pelayanan kesehatan yang diterima. Ekspektasi dari pengalaman termasuk kebersihan, informasi pelayanan, kenyamanan, tepat waktu pemeriksaan, penjelasan dokter yang jelas dan dimengerti, terlibat dalam keputusan pengobatan, Tujuan: Mengetahui gambaran dimensi pengalaman pasien dan menggunakan metode IPA di instalasi rawat inap RSUD Labuang Baji. Metode: Jenis penelitian yang dilakukan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini jumlah rata rata pasien perawatan umum Instalasi Rawat Inap 3 bulan terakhir di RSUD Labuang Baji Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021, 480 populasi dan jumlah sampel 172 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling selanjutnya dianalisis menggunakan aplikasi SPSS secara unvariat metode Important Performance Analysis (IPA). Hasil: Dari 6 dimensi dari 22 atribut. Dimensi Pendaftaran rumah sakit tersebar kuadran A 2 atribut kuadran B 1 atribut. Dimensi Kondisi lingkungan rumah sakit dan rawat inap tersebar kuadran A 1 atribut, kuadran B 1 atribut, kuadran C 3 atribut dan kuadran D 1 atribut. Dimensi informasi dan komunikasi berada di kuadran C 3 atribut. Dimensi koordinasi pelayanan di kuadran D 3 atribut. Dimensi Penjelasan yang jelas dari dokter di kuadran D 3 atribut dan dimensi meninggalkan rumah sakit di kuadran C 3 atribut. Kesimpulan: Dari 22 atribut yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 3 atribut kuadran A, 6 atribut kuadran B, 6 atribut kuadran C dan 7 atribut kuadran D. Diharapkan pihak rumah sakit melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan di instalasi rawat inap yang belum baik dan mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah baik.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:57
Last Modified: 07 Feb 2023 02:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24900

Actions (login required)

View Item
View Item