FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU PELAYANAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA RUMAH SAKIT PADA RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH DI MAKASSAR


S., ST. NURSYAMSI (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU PELAYANAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA RUMAH SAKIT PADA RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH DI MAKASSAR. Thesis thesis, Uniniversitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--stnursyams-4961-1-14-st.-f.pdf

Download (428kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk: a) menganalisis pengaruh
kepemimpinan terhadap perilaku pelayanan pada Rumah Sakit Khusus
Daerah di Makassar, b) menganalisis pengaruh komunikasi terhadap
perilaku pelayanan pada Rumah Sakit Khusus Daerah di Makassar, c)
menganalisis pengaruh sistem kontrol terhadap perilaku pelayanan pada
Rumah Sakit Khusus Daerah di Makassar, dan d) menganalisis pengaruh
perilaku pelayanan terhadap kinerja rumah sakit pada Rumah Sakit
Khusus Daerah di Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
observasional analitik. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis
regresi linear.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Kepemimpinan ber
pengaruh positif terhadap perilaku pelayanan pada Rumah Sakit Khusus
Daerah di Makassar dengan nilai r= 0.441 (p=0.000), b).Komunikasi
berpengaruh positif terhadap perilaku pelayanan pada Rumah Sakit
Khusus Daerah di Makassar dengan nilai r= 0.417 (p=0.000), c) Sistem
kontrol berpengaruh positif terhadap perilaku pelayanan pada Rumah
Sakit Khusus Daerah di Makassar dengan nilai r= 0.540 (p=0.000), d)
Perilaku pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja rumah sakit pada
Rumah Sakit Khusus Daerah di Makassar dengan nilai r= 0.505
(p=0.000). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor kepemimpinan,
komunikasi dan sistem kontrol berpengaruh positif terhadap perilaku
pelayanan. Dari ketiga variabel indepen tersebut, sistem kontrol
merupakan faktor yang memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku
pelayanan, kemudian faktor kepemimpinan dan komunikasi. Penelitian ini
juga menunjukkan bahwa perilaku pelayanan yang baik memberikan
pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja rumah sakit. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk mewujudkan kinerja rumah
sakit yang baik, perlu didukung oleh pelayanan yang baik dengan
memperhatikan faktor kepemimpinan, komunikasi dan sistem kontrol yang
baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, komunikasi, sistem kontrol, perilaku pelayanan dan kinerja rumah sakit
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:23
Last Modified: 14 Feb 2023 01:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24884

Actions (login required)

View Item
View Item