ANALISIS PENGELOLAAN BAHAN MEDIS HABIS PAKAI (BMHP) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA INSTALASI FARMASI DINAS KESEHATAN KOTA BAUBAU = ANALYSIS OF MANAGEMENT OF CONSUMABLE MEDICAL MATERIALS (BMHP) AT THE TIME THE COVID-19 PANDEMIC IN PHARMACEUTICAL INSTALLATIONS HEALTH DEPARTMENT OF BAUBAU CITY


Mudriyan, Mudriyan (2022) ANALISIS PENGELOLAAN BAHAN MEDIS HABIS PAKAI (BMHP) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA INSTALASI FARMASI DINAS KESEHATAN KOTA BAUBAU = ANALYSIS OF MANAGEMENT OF CONSUMABLE MEDICAL MATERIALS (BMHP) AT THE TIME THE COVID-19 PANDEMIC IN PHARMACEUTICAL INSTALLATIONS HEALTH DEPARTMENT OF BAUBAU CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012192007_tesis_01-09-2022 cover1.jpg

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012192007_tesis_01-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012192007_tesis_01-09-2022 dapus.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012192007_tesis_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
MUDRIYAN. Analisis Pengelolaan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Baubau (di bimbing oleh Amran Razak dan Sukri Palutturi).
Bahan Medis Habis Pakai adalah alat kesehatan yang ditujukan untuk penggunaan sekali pakai (single use) yang daftar produknya diatur dalam peraturan perundang-undangan. Stok Bahan Medis Habis Pakai yang tersedia di dinas kesehatan kota Baubau tidak lengkap dan tidak mampu memenuhi kebutuhan Puskesmas. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengelolaan Bahan Medis Habis Pakai di masa pandemi covid-19 pada instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Baubau.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Wawancara di lakukan dengan 5 informan kunci dan 2 informan tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, teknik observasi dan teknik dokumentasi keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber data, triangulasi teori, dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Bahan Medis Habis Pakai dimasa pandemi covid-19 belum berjalan maksimal, karena perencanaannya belum menggunakan metode ABC, menghitung stok maksimum dan minimum, masih kurangnya pengetahuan sumber daya manusia tentang perencanaan Bahan Medis Habis Pakai dan seringnya terjadi keterlambatan pengumpulan laporan pemakaian puskesmas. Penganggaran penyediaan Bahan Medis Habis Pakai berasal dari dana alokasi khusus bidang kesehatan namun masih sangat kurang karena belum bisa memenuhi perencanaan kebutuhan Bahan Medis Habis Pakai. Pengadaan Bahan Medis Habis Pakai dilakukan dengan sistem E- Purchasing tetapi belum berjalan dengan baik karena masih ada beberapa penyedia yang tidak dapat penuhi sesuai pesanan dengan alasan kurangnya bahan baku dan kurangnya stok bahan baku. Penyimpanan Bahan Medis Habis Pakai menggunakan sistem First In First Out dan First Expire First Out akan tetapi untuk luas penyimpanan masih terbatas. Masih terdapat jumlah dan jenis Bahan Medis Habis Pakai yang belum sesuai pesanan puskesmas pada saat distribusi karena stok persediaan di Instalasi Farmasi tidak cukup.

Kata kunci : Instalasi Farmasi, Bahan Medis Habis Pakai, Pengelolaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pharmacy Installation, Medical Consumables, Management
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:21
Last Modified: 14 Feb 2023 01:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24879

Actions (login required)

View Item
View Item