ANALISIS PERMINTAAN DAN PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KABUPATEN ENREKANG


Rustan, Nur Afni (2022) ANALISIS PERMINTAAN DAN PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI KABUPATEN ENREKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L24116005_skripsi_04-11-2022 cover1.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L24116005_skripsi_04-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L24116005_skripsi_04-11-2022 1-2.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L24116005_skripsi_04-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NUR AFNI RUSTAN. L24116005. “Analisis Permintaan dan Pemasaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Kabupaten Enrekang” dibimbing oleh Mardiana Ethrawaty Fachry sebagai Pembimbing Utama dan Sitti Fakhriyyah sebagai Pembimbing Anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi permintaan ikan nila di Kabupaten Enrekang dan mengetahui bagaimana pola saluran pemasaran Ikan Nila di Kabupaten Enrekang. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2022 di Kecamatan Alla dan Masalle, Kabupaten Enrekang. Dengan pemilihan lokasi pengambilan sampel ditentukan secara sengaja (purposive). Lokasi penelitian untuk sampel konsumen berlokasi di pasar sentral sudu yang terletak di Kecamatan Alla, yang merupakan jalur lintas pembelian ikan di Kecamatan Alla dan Kecamatan Masalle. Sedangkan untuk sampel pembudidaya berlokasi di dua kecamatan yaitu Kecamatan Alla dan Kecamatan Masalle dengan jumlah responden konsumen sebanyak 32 orang, pedagang 11 orang dan pembudidaya 17 orang. Pengambilan sampel konsumen ikan nila pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana pengampilan sampel didasarkan atas adanya pertimbangan tertentu, dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui faktor yang memengaruhi permintaan Ikan Nila dan metode deskriptif untuk menganalisis pola saluran pemasaran Ikan Nila di Kabupaten Enrekang. Berdasarkan hasil penelitian Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan ikan nila di kabupaten enrekang yaitu harga ikan nila (X1), harga barang pengganti (X2), selera (X3) dan pendapatan (X4), yang semuanya berpengaruh secara nyata. Terdapat Saluran pemasaran ikan nila di Kabupaten Enrekang terdapat tiga saluran pemasaran yaitu (a) saluran Pemasaran I terdiri dari pembudidaya dan konsumen (b) saluran pemasaran II yaitu pembudidaya, pedagang pengecer dan konsumen, (c) saluran pemasaran III yaitu pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen.

ABSTRACT
NUR AFNI RUSTAN L24116005. "Analysis of demand and marketing of tilapia (Oreochromis niloticus) in Enrekang Regency8" supervised by Mardiana Ethrawaty Fachry as the Main Advisor and Sitti Fakhriyyah as Member Advisor.
This study aims to find out the factors that affect the demand for tilapia in Enrekang Regency and find out how the pattern of Tilapia marketing channels in Enrekang Regency. Data collection was carried out in February-March 2022 in Alla and Masalle Districts, Enrekang Regency. With the selection of the sampling site is determined deliberately (purposive). The research site for the consumer sample is located in the central market of sudu located in Alla District, which is a cross-route for fish purchases in Alla District and Masalle District. As for the sample of cultivators located in two sub-districts, namely Alla District and Masalle District with a total of 32 consumer respondents, 11 traders and 17 cultivators. The performance of tilapia consumer samples in this study used a purposive sampling technique where sample performance was based on certain considerations, using a multiple linear regression analysis method to determine the factors affecting tilapia demand and a descriptive method to analyze the pattern of Tilapia marketing channels in Enrekang Regency. Based on the results of the study The factors that influence the demand for tilapia in enrekang district are the price of tilapia (X1), the price of substitute goods (X2), tastes (X3) and income (X4), all of which have a real effect. There is a tilapia marketing channel in Enrekang Regency, there are three marketing channels, namely (a) Marketing channel I consists of farmers and consumers (b) marketing channel II, namely cultivators, retailers and consumers, (c) marketing channels III, namely cultivators, collector merchant, retailers and consumers.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ikan Nila,Kabupaten Enrekang, permintaan, pemasaran Keywords: Tilapia, Enrekang Regency, demand, marketing
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:24
Last Modified: 10 Feb 2023 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24855

Actions (login required)

View Item
View Item