Identifikasi Epifit Dan Material Yang Menempel Pada Kappaphycus alvarezii Yang Dipelihara Di Muara Dusun Maccini Baji, Kabupaten Takalar


Rais, Muh Dzulfahmi (2022) Identifikasi Epifit Dan Material Yang Menempel Pada Kappaphycus alvarezii Yang Dipelihara Di Muara Dusun Maccini Baji, Kabupaten Takalar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031171321_skripsi_04-11-2022 cover1.png

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031171321_skripsi_04-11-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031171321_skripsi_04-11-2022 1-2.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031171321_skripsi_04-11-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang menjadi komoditas utama dalam program revitalisasi perikanan. Pertumbuhan rumput laut pada umumnya berbeda-beda menurut jenis dan kondisi lingkungannya. Sedangkan tingkat pertumbuhan rumput laut dipengaruhi oleh berbagai faktor yang bersifat internal maupun eksternal. Faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rumput laut adalah kondisi thallus dan umur bibit. Faktor eksternal, yaitu factor fisika dan kimia (suhu, arus, kecerahan, salinitas, pH, dan nutrient) serta factor biologi (predator, kompetitor dan organisme parasit). Kompetitor yang dapat mengakibatkan rumput laut mengalami penurunan kualitas maupun kuantitas adalah alga epifit. Penelitian ini bertujuan Untuk mengevaluasi epifit dan material yang menempel pada K. alvarezii perairan Maccini Baji, kabupaten Takalar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2021. Pemeliharaan rumput laut dilakukan di perairan dusun Maccini Baji, kabupaten Takalar dengan waktu pemeliharaan adalah 49 hari. pengambilan sampel dilakukan satu kali setiap pekan, parameter yang diamati pada penelitian ini adalah identifikasi epifit dan material yang menempel, perhitungan bobot persentase epifit dan material yang menempel dan parameter kualitas air. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif, yang kemudian disajikan dalam bentuk gambar dan tabel. Analisa secara kuantitatif dilakukan dengan menimbang berat setelah dibersihkan dan sebelum dibersihkan kemudian selisih berat tersebut dihitung. Data yang didapatkan dianalisa sidik ragam dan jika ada perbedaan antara lokasi, maka dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil. Jenis epifit yang ditemukan pada rumput laut K. alvaresi yaitu untuk filum chlorophyta terdapat 3 (Tiga) jenis antara lain Cladophora dalmatica, Chaetomorpha crassa, dan Chaetomorpha linum. Untuk filum rhodophyta yang ditemukan 2 (dua) jenis antara lain Ceramium sp., dan Acanthophora spicifera. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ditemukan pada pada lokasi ke-6 minggu pertama terdapat presentasi yang tinggi penempelan epifit. Sedangkan pada lokasi ke-7 presentasi epifit relative sangat kurang (Gambar 3). Dari data tersebut terlihat pula peningkatan presentasi epifit tertinggi pada minggu 2 terutama pada lokasi 1,3,5 dan 6. Kemudian minggu ke-3 memperlihatkan epifit makin menurun dan terendah pada minggu ke-6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Epifit, K. Alvarezii, Rumput Laut
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:56
Last Modified: 06 Feb 2023 01:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24792

Actions (login required)

View Item
View Item