OPTIMALISASI LAPORAN KEUANGAN BANK TABUNGAN NEGARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROGRAM TUJUAN GANDA = OPTIMIZATION OF THE STATE SAVING BANK'S FINANCIAL STATEMENTS USING THE MULTIPLE PURPOSE PROGRAM METHOD


Ahmad, Nini Adelia (2022) OPTIMALISASI LAPORAN KEUANGAN BANK TABUNGAN NEGARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROGRAM TUJUAN GANDA = OPTIMIZATION OF THE STATE SAVING BANK'S FINANCIAL STATEMENTS USING THE MULTIPLE PURPOSE PROGRAM METHOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H11114005_skripsi_22-08-2022 cover1.png

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H11114005_skripsi_22-08-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H11114005_skripsi_22-08-2022 dp.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H11114005_skripsi_22-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Optimalisasi adalah penyelesaian suatu permasalahan untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan batasan yang diberikan. Studi kasus yang akan dioptimalkan adalah bank. Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan. Setiap bank memiliki laporan keuangan yang merupakan hasil dari kinerja suatu bank. Sebagai tindak lanjut dari penyusunan sebuah laporan keuangan dilakukan kegiatan analisis dari laporan keuangan tersebut. Di dalam laporan keuangan terdapat unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas dan juga unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Dalam masalah pengambilan keputusan digunakan model goal programming. Goal Programming adalah salah satu model matematis yang dipandang sesuai digunakan untuk pemecahan masalah multi tujuan karena melalui variabel deviasinya, goal programming secara otomatis menangkap informasi tentang pencapaian relatif dari tujuan yang ada. Oleh karena itu, dalam skripsi ini digunakan model goal programming untuk mendapatkan hasil yang optimal. Penyelesaian model goal programming akan dibantu dengan software LINDO dan metode simpleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang diusulkan ke lima tujuan yaitu aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, dan beban telah tercapai. Ini dapat menunjukkan bahwa kinerja laporan keuangan pada Bank BTN baik. Namun terdapat satu tujuan yaitu total ekuitas yang dapat diubah untuk meningkatkan kinerja laporan keuangan. Total ekuitas dapat ditingkatkan sebesar Rp 40,203281 juta per tahun.

Keywords : Optimalisasi, Bank, Laporan Keuangan, Goal Programming, metode simpleks

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimization, Bank, Financial Statements, Goal Programming, simplex method
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:10
Last Modified: 10 Feb 2023 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24715

Actions (login required)

View Item
View Item