USAHATANI DEEDAD HIDROPONIK: ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN YANG BERBEDA SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 = BUSINESS DEEDAD HYDROPONICS: COMPARISON OF INCOME ANALYSIS OF DIFFERENT MARKETING STRATEGIES BEFORE AND DURING THE COVID-19 PANDEMIC


Melda, Melda (2022) USAHATANI DEEDAD HIDROPONIK: ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN YANG BERBEDA SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 = BUSINESS DEEDAD HYDROPONICS: COMPARISON OF INCOME ANALYSIS OF DIFFERENT MARKETING STRATEGIES BEFORE AND DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181507_skripsi_12-08-2022 cover1.png

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181507_skripsi_12-08-2022 1-2.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181507_skripsi_12-08-2022 dp.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181507_skripsi_12-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pendapatan sistem pemasaran komoditas selada secara offline dan online sebelum dan masa Pandemi Covid-19 pada Usahatani Deedad Hidroponik, yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret 2022 di Kota Makassar. Penelitian ini adalah studi kasus. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dengan metode wawancara langsung semi-terstruktur dengan pemilik dan karyawan usahatani tersebut. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan mentode Analisis Pendapatan Usahatani (APU) dan Partial Budgetting Analysis (PBA). Berdasarkan hasil APU dan PBA diketahui bahwa pendapatan yang diperoleh dari sistem pemasaran online, pada tahun 2020, yang dikembangkan Usahatani Deedad Hidroponik sebagai strategi menghadapi pandemi mengalami kerugian, sebesar sebesar Rp-16.750.000,00. Akan tetapi sistem pemasaran ini membukukan keuntungan sebesar Rp196.325.000,00 pada tahun 2021. Oleh karena itu, strategi pemasaran online yang dikembangkan Usahatani Deedad Hidroponik selama masa Pandemi-19 dapat dikatakan sebagai strategi yang tepat. Dengan demikian, disarankan agar Usahatani Deedad Hidroponik tetap mengembangkan sistem pemasaran online di masa pasca Pandemi-19.

Kata kunci: Analisis Partial Budgetting; Pemasaran Offline; Pemasaran Online; Usahatani Selada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lettuce Lettuce Enterprise; Offline Marketing; Online Marketing; Partial Budgetting Analysis
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Feb 2023 00:38
Last Modified: 07 Feb 2023 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24675

Actions (login required)

View Item
View Item