STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING AGROWISATA KABUPATEN GOWA (Studi Kasus Agrowisata Is Strawberry Farm di Kelurahan Pattapang Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan)


Furqan, Muhammad (2022) STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING AGROWISATA KABUPATEN GOWA (Studi Kasus Agrowisata Is Strawberry Farm di Kelurahan Pattapang Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P042191013_tesis_30-12-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042191013_tesis_30-12-2022 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P042191013_tesis_30-12-2022 dp.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P042191013_tesis_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD FURQAN. Strategi Membangun Keunggulan Kompetitif Agrowisata di Kabupaten Gowa. Studi Kasus Agrowisata Kebun Strawberry di Kecamatan Patappang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (dibimbing oleh Jusni dan Mahyuddin).
Sektor pariwisata Indonesia mengalami perkembangan yang cukup positif selama bertahun-tahun di tengah ketatnya persaingan industri pariwisata dunia. Strategi yang paling efektif untuk memicu pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah adalah dengan mendorong pertumbuhan sektor-sektor yang memiliki peran dominan dalam perekonomian di wilayah tersebut. Kabupaten Gowa merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Gowa memiliki banyak jenis pilihan destinasi wisata, baik wisata alam, wisata buatan, maupun wisata dengan konsep agrowisata. Maraknya tempat wisata tentunya menimbulkan persaingan bagi setiap perusahaan. Berdasarkan situasi tersebut, perlu dilakukan analisis faktor internal dan eksternal serta merumuskan strategi Agrowisata Is Strawberry Farm untuk membangun keunggulan kompetitif sebagai tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, kuesioner, dan observasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan metode analisis Porter's Diamond Model dan Porter's Five Forces yang hasilnya kemudian dianalisis menggunakan IFE, EFE, Matriks BCG, dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan selisih skor kekuatan dan kelemahan sebesar 1,70, hal ini menunjukkan bahwa Agrowisata Is Strawberry Farm memiliki posisi internal yang kuat dan harus mempertahankan kekuatannya untuk mengatasi kelemahan yang ada. Selanjutnya hasil EFE diperoleh selisih peluang dan ancaman sebesar 2,16 yang menunjukkan bahwa Agrowisata Is Strawberry Farm sudah dapat memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman namun masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan perhitungan tersebut, Agrowisata Is Strawberry Farm berada pada kuadran 1. Matriks grand strategy pada kuadran 1 menunjukkan strategi yang agresif, yang menunjukkan perusahaan berada pada posisi persaingan yang kuat dan pertumbuhan pasar yang cepat. Selain itu, pada analisis BCG, nilai pangsa pasar relatif perusahaan adalah 0,60 dengan tingkat pertumbuhan 29% berarti posisi perusahaan tanda tanya, manajemen perusahaan disarankan untuk tetap berinvestasi sehingga alternatif strategi yang dihasilkan adalah market, penetration, dan pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: porter's diamond model dan porter's five-forces model IFE, EFE, matriks BCG SWOT, agrowisata, keunggulan bersaing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:31
Last Modified: 06 Feb 2023 03:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24655

Actions (login required)

View Item
View Item