ANALISIS SUMBER PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI DESA TARIPA KECAMATAN ANGKONA KABUPATEN LUWU TIMUR = ANALYSIS OF INCOME SOURCES OF OIL PALM FARMERS IN TARIPA VILLAGE, ANGKONA DISTRICT, TIMUR LUWU REGENCY


Yanti, Sri Darma (2022) ANALISIS SUMBER PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI DESA TARIPA KECAMATAN ANGKONA KABUPATEN LUWU TIMUR = ANALYSIS OF INCOME SOURCES OF OIL PALM FARMERS IN TARIPA VILLAGE, ANGKONA DISTRICT, TIMUR LUWU REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181031_skripsi_02-08-2022 cover1.png

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181031_skripsi_02-08-2022 1-2.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181031_skripsi_02-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181031_skripsi_02-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang Subsektor perkebunan mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pembangunan perekonomian Indonesia. Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang mempunyai peran penting bagi subsektor perkebunan. Perkebunan kelapa sawit cukup besar di wilayah Kabupaten Luwu Timur, sehingga mata pencaharian sebagian besar masyarakat sekitar adalah sebagai petani kelapa sawit. Keterbatasan pendapatan petani menjadi pendorong bagi petani untuk mencari tambahan pendapatan dari berbagai sumber usaha. Jenis-jenis usaha yang menjadi sumber pendapatan petani dibagi menjadi tiga subsektor yaitu on farm, off farm dan non farm. Subsektor on farm merupakan sumber pendapatan dari usahatani kelapa sawit. Sedangkan off farm dan non farm merupakan sumber pendapatan dari luar usahatani kelapa sawit. Desa Taripa merupakan salah satu dari 10 desa yang ada di Kecamatan Angkona dengan luas wilayah secara keseluruhan yaitu sekitar 6.576,03 Ha. Sebagian besar masyarakat Desa Taripa berprofesi sebagai petani. Komoditas kelapa sawit masih mendominasi sebagai tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani di Desa Taripa. Petani kelapa sawit di Desa Taripa adalah pekerjaan yang pendapatan dan jalur pemasarannya telah diketahui dengan baik oleh petani. Akan tetapi secara spesifik, mereka belum pernah melakukan analisis pendapatan yang mereka hasilkan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian secara spesifik mengenai sumber pendapatan petani yang berasal dari usahatani kelapa sawit dan pendapatan dari luar usahatani kelapa sawit. Tujuan penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pendapatan petani yang berasal dari usahatani kelapa sawit (on farm) dan kontribusi pendapatan yang berasal dari luar usahatani kelapa sawit (off farm dan non farm) di Desa Taripa Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur. Metode dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 30 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis pendapatan dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Pendapatan on farm yang diperoleh petani dari usahatani kelapa sawit di Desa Taripa yaitu sebesar Rp. 79.000.805/Ha/Tahun. Sedangkan kontribusi pendapatan yang berasal dari luar usahatani kelapa sawit off farm sebesar Rp. 565.500.000/Tahun dan pendapatan non farm sebesar Rp. 448.300.000/Tahun.

Kata Kunci: Kelapa Sawit, Pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Palm Oil, Income
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Feb 2023 00:41
Last Modified: 06 Feb 2023 00:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24608

Actions (login required)

View Item
View Item