ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI TUKAR PETANI TANAMAN HORTIKULTURA DI SULAWESI SELATAN = ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING THE EXCHANGE RATE HORTICULTURAL CROP FARMERS IN SOUTH SULAWESI


Hamjaya, Ronal Gunawan (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI TUKAR PETANI TANAMAN HORTIKULTURA DI SULAWESI SELATAN = ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING THE EXCHANGE RATE HORTICULTURAL CROP FARMERS IN SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181030_skripsi_28-06-2022 cover1.png

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181030_skripsi_28-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181030_skripsi_28-06-2022 dp.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181030_skripsi_28-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RONAL GUNAWAN HAMJAYA, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Petani Tanaman Hortikultura di Sulawesi Selatan. Pembimbing: DIDI RUKMANA dan YOPIE LUMOINDONG.
Subsektor hortikultura telah berkontribusi secara nyata dalam mendukung perekonomian nasional maupun dalam penyerapan tenaga kerja. Peningkatan produksi tanaman hortikultura khususnya kacang panjang, cabai rawit, dan tomat di Provinsi Sulawesi Selatan tidak dapat menjadi ukuran jika petaninya juga tidak sejahtera. Hal ini dapat dilihat dimana perkembangan Nilai Tukar Petani Tanaman Hortikultura cenderung fluktuatif setiap tahunnya. Salah satu indikator yang dapat mengukur tingkat kesejahteraan petani adalah Nilai Tukar Petani (NTP). Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh luas lahan, jumlah produksi, harga komoditas kacang panjang, cabai rawit, dan tomat terhadap Nilai Tukar Petani Subsektor Tanaman Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam upaya mendapatkan data yang diperlukan untuk penelitian ini, maka dilakukan pengumpulan data dengan cara melakukan metode studi pustaka. Salah satu cara untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi NTP yakni menggunakan metode regresi linear berganda. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu variabel luas panen, jumlah produksi, harga jual komoditas kacang panjang, cabai rawit, dan tomat secara simultan mempengaruhi Nilai Tukar Petani Tanaman Hortikultura (NTPH). Kemudian pengujian variabel harga jual komoditas cabai rawit dan tomat secara parsial mempengaruhi NTPH. Saran yang dapat diberikan yaitu kepada pemerintah diharapkan dapat merancang kebijakan yang efektif guna mendorong semangat berusaha tani bagi petani.

Kata Kunci : nilai tukar petani, hortikultura, kesejahteraan petani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: farmer’s exchange rate, horticulture, farmer welfare
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Feb 2023 00:40
Last Modified: 06 Feb 2023 00:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24607

Actions (login required)

View Item
View Item