RASIONALITAS PETANI DALAM MEMILIH PESTISIDA PADA USAHATANI PADI SAWAH (Studi Kasus Desa Laantula Jaya, Kecamatan Wita Ponda, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah) = FARMERS RATIONALITY IN CHOOSING PESTICIDES IN PADDY RICE FARMING Case Study of Laantula Jaya Village, Wita Ponda District, Morowali Regency, Central Sulawesi


Bakri, Iis Ferawati (2022) RASIONALITAS PETANI DALAM MEMILIH PESTISIDA PADA USAHATANI PADI SAWAH (Studi Kasus Desa Laantula Jaya, Kecamatan Wita Ponda, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah) = FARMERS RATIONALITY IN CHOOSING PESTICIDES IN PADDY RICE FARMING Case Study of Laantula Jaya Village, Wita Ponda District, Morowali Regency, Central Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116329_skripsi_22-06-2022 cover1.png

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116329_skripsi_22-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116329_skripsi_22-06-2022 dp.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116329_skripsi_22-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tindakan sosial berkaitan dengan interaksi sosial, sesuatu tidak dikatakan tindakan sosial jika seorang individu tidak mempunyai tujuan dalam melakukan tindakan. Rasionalitas dipahami sebagai individu yang menjadi agen akan selalu berusaha untuk memaksimalkan utilitas yang diterima dalam aktivitas produktif dan hubungan pertukaran serta menganggap keteraturan sosial adalah resultan kompleks dari tindakan individu. Petani sebagai pengusaha pada umumnya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Mereka akan selalu cenderung memaksimalkan rasionalitasnya dalam memilih pestisida untuk menghindari serangan organisme pengganggu tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana rasionalitas petani dalam memilih pestisida dan faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam memilih pestisida untuk usahatani padi. Penelitian ini dilakukan di Desa Laantula Jaya, Kecamatan Wita Ponda, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Data dianalisis secara kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh informasi. Metode pengambilan responden adalah non-probability sampling. Responden yang dipilih adalah petani yang bersedia melakukan wawancara, pengisian kuisioner, petani padi menggunakan pestisida. Hasil penelitian menunjukkan rasionalitas petani dalam memilih pestisida adalah harapan untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan selama masa produksi dan mendapatkan keuntungan pasca panen. Tindakan petani di Desa Laantula Jaya dalam memilih pestisida pada usahatani padi sawah tergolong dalam rasionalitas instrumental, petani telah mempertimbangkan keuntungan ekonomi, petani bersedia membayar harga untuk pestisida yang ampuh mengendalikan organisme pengganggu tanaman pada usahatani padi sawah. Disisi lain tindakan petani di Desa Laantula Jaya dalam memilih pestisida pada usahatani padi sawah tergolong dalam tindakan tradisional, pestisida yang pilih merupakan pestisida yang telah digunakan secara turun-temurun, sesama petani akan bertukar informasi tentang pengalaman keefektifan penggunaan pestisida agar tidak terjadi gagal panen. Selain itu, tindakan petani dalam memilih pestisida tergolong dalam tindakan afektif, di waktu-waktu tertentu petani akan memilih pestisida saat ada potongan harga. Faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam memilih pestisida yaitu efektivitas, ketersediaan produk, pengaruh lingkungan, pengetahuan, dan harga.

Keywords : Rasionalitas, usahatani padi sawah, pestisida

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rationality, paddy rice farming, pesticides
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:17
Last Modified: 03 Feb 2023 08:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24553

Actions (login required)

View Item
View Item