PERAN MODAL SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIV (PERSERO) PKS LUWU, DESA JALAJJAH, KECAMATAN BURAU, KABUPATEN LUWU TIMUR = THE ROLE OF SOCIAL CAPITAL IN THE IMPLEMENTATION OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) IN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIV (PERSERO) PKS LUWU, DESA JALAJJAH, KECAMATAN BURAU, KABUPATEN LUWU TIMUR


Yani, Rahma Indah (2022) PERAN MODAL SOSIAL DALAM IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIV (PERSERO) PKS LUWU, DESA JALAJJAH, KECAMATAN BURAU, KABUPATEN LUWU TIMUR = THE ROLE OF SOCIAL CAPITAL IN THE IMPLEMENTATION OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) IN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIV (PERSERO) PKS LUWU, DESA JALAJJAH, KECAMATAN BURAU, KABUPATEN LUWU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116318_skripsi_29-07-2022 cover1.png

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116318_skripsi_29-07-2022 1-2.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116318_skripsi_29-07-2022 dp.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116318_skripsi_29-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMA INDAH YANI. Peran Modal Sosial dalam Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT. Perkebunan Nusantara XIV (Persero) PKS Luwu, Desa Jalajjah, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur: HELIAWATY dan A.AMRULLAH.
PT. Perkebunan Nusantara XIV (Persero) PKS Luwu, Desa Jalajjah, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur mengimplementasikan program CSR untuk masyarakat yang menerima dampak dari operasional perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran modal sosial dalam mengimplementasi CSR pada PT. Perkebunan Nusantara XIV (Persero) PKS Luwu, Desa Jalajjah, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan mengambil beberapa informan, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) yang dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara XIV (Persero) PKS Luwu di lokasi Desa Jalajjah, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur yakni aksi peduli masyarakat yang terkena musibah/ bencana alam, pembuatan sarana air bersih, pengolahan limbah menjadi kompos dan perbaikan rumah ibadah. Sedangkan dana anggaran yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan melaksanakan kegiatan CSR adalah sebesar Rp. 160.000.000 yang dikelompokkan dalam 4 bentuk kegiatan CSR. Hasil analisis peran modal sosial dengan pelaksanaan CSR yang tergolong sudah baik. Hal ini didasari perusahaan telah menanamkan saling percaya dalam melaksanakan CSR dengan pemerintah desa setempat dan selain itu jaringan sosial yang dibangun oleh perusahaan selama ini adalah adanya kerja sama yang baik antara kepala desa dan masyarakat dalam pelaksanaan sejumlah program CSR, dimana dengan kegiatan CSR oleh perusahaan manfaat yang diterima oleh masyarakat desa mendapatkan dana bantuan bencana alam, memperoleh kemudahan dalam mendapatkan air bersih. Hasil analisis mengenai sharing information dalam kegiatan CSR, dimana perusahaan yang bekerja sama kepala desa dan stafnya selalu berbagi informasi atas kegiatan CSR yang akan dilaksanakan oleh perusahaan, selain itu bekerja sama dengan aparatur desa saling berkoordinasi, dengan melakukan pengawasan dalam pelaksanaan CSR oleh perusahaan. Selain itu dalam pengambilan keputusan (making collective decisions) maka perusahaan melakukan koordinasi mengenai kebutuhan masyarakat dari kegiatan CSR.

Kata Kunci: Modal Sosial; Tanggung Jawab Sosial; Operasional Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Capital; Social Responsibility; Company Operation
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Feb 2023 05:29
Last Modified: 03 Feb 2023 05:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item
View Item