MOTIVASI DAN PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI TERHADAP PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI. (Studi Kasus Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan) = Motivation and Participation of Women Farmers Group Members to Sustainable Food House Area PrograM (Case Study of Tamalanrea District, Makassar City, South Sulawesi Province)


Sari, Fitri Anugrah (2022) MOTIVASI DAN PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI TERHADAP PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI. (Studi Kasus Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan) = Motivation and Participation of Women Farmers Group Members to Sustainable Food House Area PrograM (Case Study of Tamalanrea District, Makassar City, South Sulawesi Province). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116317_skripsi_02-08-2022 cover1.png

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116317_skripsi_02-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116317_skripsi_02-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116317_skripsi_02-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Makassar telah menerapkan program KRPL sebagai program unggulan sebagai upaya mengembangkan dan memenuhi kebutuhan pangan di Makassar. Pemerintah Kota Makassar sendiri telah memulai sejak 2017 sampai 2019 dengan mengembangkan di 15 Kecamatan di Kota Makassar. Di Kecamatan Tamalanrea sendiri terdapat 4 kelompok wanita tani yang sedang melaksakan Program KRPL baik dalam masa penumbuhan maupun pengembangan. Dalam melaksanakan program, masyarakatnya menjadi unsur penting didalamnya tentu motivasi sangat berperan penting demi keberlangsungan program tersebut. Adapun tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi, tingkat partisipasi serta hubungan tingkat motivasi dan tingkat partisipasi anggota kelompok wanita tani. Metode analisis data yang digunakan adalan deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data dalam bentuk angka dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya. Untuk mengetahui tingkat motivasi dan partisipasi anggota kelompok wanita tani digunakan analisis skor dan akan digolongkan kedalam kategori berdasarkan interval skor. Setelah mengetahui tingkat motivasi dan partisipasi maka untuk mengethaui hubungan antara tingkat motivasi dan tingkat partisipasi menggunakan metode analisis chi-square. Adapun hasil dari penilitian ini memperoleh kesimpulan yaitu motivasi anggota Kelompok Wanita Tani Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar berada pada kategori sedang dengan rata-rata jumlah skor yang dicapai 55.69. kedua Tingkat partisipasi anggota Kelompok Wanita Tani Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar berada pada kategori sedang dengan rata-rata jumlah skor yang dicapai 40.54 .Terakhir tidak terdapat hubungan antara tingkat motivasi dan tingkat partisipasi.

Keywords : Motivasi, Pasrtisipasi, Kawasan Rumah Pangan Lestari, Anggota Kelompok Wanita Tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivation, Participation, Sustainable Food House Area, Members of Women Farmers Group
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Feb 2023 05:28
Last Modified: 03 Feb 2023 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24548

Actions (login required)

View Item
View Item