EFEKTIVITAS PROGRAM PENGEMBANGAN PERTANIAN PERKOTAAN (URBAN FARMING) BERDASARKAN TARGET GROUP DI KOTA APREPARE = Effectiveness of Urban Farming Program Based on Target Group In Parepare City


Nurdin, Nurdianti (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM PENGEMBANGAN PERTANIAN PERKOTAAN (URBAN FARMING) BERDASARKAN TARGET GROUP DI KOTA APREPARE = Effectiveness of Urban Farming Program Based on Target Group In Parepare City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116019_skripsi_09-05-2022 cover1.png

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116019_skripsi_09-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116019_skripsi_09-05-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116019_skripsi_09-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pengembangan sektor pertanian di wilayah perkotaan berbeda dengan pertanian di pedesaan. Kota Parepare merupakan salah satu wilayah otonom berstatus perkotaan dengan wilayah pertanian kecil dan sempit dan cenderung tekonversi. Strategi Kota Parepare dalam membangun pertanian yaitu melalui program urban farming. Program urban farming yang dikembangkan di Kota Parepare yaitu melalui model pengembangan produk pangan salah satunya melalui program penerapan teknologi hidroponik. Penerapan Teknologi Hidroponik dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan ketersediaan pangan melalui produk pangan mandiri, mengoptimalkan pemanfaatan lahan sempit di perkotaan, dan meningkatkan pendapatan pengusaha hidroponik. Pengimplementasian program dilakukan pada tahun 2019 disetiap kecamatan di Kota Parepare menjangkau pelaku usaha hidroponik di Kota Parepare, dengan menyerahkan bantuan kepada masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah menegetahui strategi impelementasi dan efektivitas program program penerapan teknologi hidroponik. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 11 responden yang merupakan pelaku usaha hidroponik di Kota Parepare. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara terstruktur dengan menggunkana kuesioner dan wawancara mendalam kepada informan, metode pada penelitian ini menggunakan metode analasis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, sedangakan teknis analisis data menggunakan analisis efektivitas. Hasil analisis data penelitian mengenai tujuan pertama, diperoleh bahwa strategi implentasi program penerapan pertanian perkotaan berdasarkan ukuran dan tujuan program telah dicapai, sumberdaya yang digunakan memadai, karakteristik pelaksana yang mempunyai pola hubungan yang baik dan respon yang positif, serta komunikasi antar organisasi dengan koordinasi dan sosialisasi berjalan dengan baik. Dan hasil analisis efektivitas diperoleh bahwa program penerapan teknologi hidroponik pada keseluruhan variabel efektif, diperoleh variabel input sebesar 95%, proses sebesar 85% dan output sebesar 100%.

Keywords : Urban Farming; Implementasi; Efektivitas; Hidroponik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Urban Farming; Implementation; Effectiveness; Hydroponic
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Feb 2023 05:25
Last Modified: 03 Feb 2023 05:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24539

Actions (login required)

View Item
View Item