Amaliya, Reski (2022) Strategi Pemasaran Berdasar Pada Segmentasi Pasar dan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Emping Melinjo Di Kabupaten Kepulauan Selayar = Marketing Strategy Based On Market Segmentation And Consumer Preferences On Melinjo Emphing Products In Selayar District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
G21115042_skripsi_28-07-2022 cover1.png
Download (181kB) | Preview
G21115042_skripsi_28-07-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
G21115042_skripsi_28-07-2022 dp.pdf
Download (942kB)
G21115042_skripsi_28-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Strategi pemasaran ini berdasar pada segmentasi pasar dan preferensi konsumen terhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi segmentasi pasar dan preferensi konsumen keripik emping di Kabupaten Kepulauan Selayar serta untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat sesuai segmen pasar yang terbentuk. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskritptif, analisis Chi-Square, analisis klaster, dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah produk emping melinjo yang menjadi preferensi konsumen di pasar tradisional Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu produk emping melinjo ukuran sedang, warna kuning pucat, tekstur agak kasar, rasa agak pahit, harga murah, varian rasa gula merah. Strategi pemasaran produk emping melinjo di Kabupaten Kepulauan Selayar, yaitu : (a) Meningkatkan kualitas produk emping melinjo agar dapat unggul dalam persaingan produk sejenis yang semakin besar; (b) Mempertahankan harga untuk meningkatkan loyalitas konsumen, (c) Menciptakan produk dengan bentuk dan cita rasa yang baru, (d) Meningkatkan strategi promosi atau periklanan, (e) Membuat kemasan yang lebih menarik dengan menggunakan desain logo dan merek agar dapat menarik minat konsumen, (f) Menjalin kerjasama dengan agen distributor yang potensial untuk menambah pangsa pasar.; (g) mengedepankan publikasi dan promosi produk emping melinjo dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi.
Keywords : Strategi Pemasaran, Segmentasi Pasar, Preferensi Konsumen, Emping Melinjo
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Strategy, Market Segmentation, Consumer Preferences, Emping Melinjo |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 05:21 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 05:21 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24524 |