PENGARUH KOMBINASI BIOCHAR, PUPUK KANDANG AYAM, DAN NPK TERHADAP LAJU PERKEMBANGAN PENYAKIT VASCULAR STREAK DIEBACK (VSD) DAN BUSUK BUAH PADA TANAMAN KAKAO DI KEC. LUYO, SULAWESI BARAT = Effect Of Combination Of Biochar, Chicken Manure Fertilizer, and NPK On The Development Of Vascular Streak Dieback (VSD) and Black Pod Rots On Cocoa Plant in Kec. Luyo, West Sulawesi


Nuralisa, St. (2022) PENGARUH KOMBINASI BIOCHAR, PUPUK KANDANG AYAM, DAN NPK TERHADAP LAJU PERKEMBANGAN PENYAKIT VASCULAR STREAK DIEBACK (VSD) DAN BUSUK BUAH PADA TANAMAN KAKAO DI KEC. LUYO, SULAWESI BARAT = Effect Of Combination Of Biochar, Chicken Manure Fertilizer, and NPK On The Development Of Vascular Streak Dieback (VSD) and Black Pod Rots On Cocoa Plant in Kec. Luyo, West Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011181418_skripsi_13-09-2022 cover1.png

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011181418_skripsi_13-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011181418_skripsi_13-09-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011181418_skripsi_13-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Produksi kakao di Indonesia terus mengalami penurunan karena permasalahan yang kompleks. Salah satu penyebab utamanya adalah penyakit Vascular Streak Dieback dan penyakit busuk buah yang disebabkan oleh cendawan Phytophthora. Sangat diperlukan pengelolaan penyakit secara lingkungan. Biochar adalah arang hayati yang kaya akan karbon dari limbah konservasi dan pertanian melalui proses pembakaran yang tidak sempurna atau suplai oksigen yang terbatas. Penambahan biochar dengan pupuk dapat menghasilkan biochar yang mengandung unsur hara yang dapat meningkatkan hasil produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi biochar, pupuk kotoran ayam dan pupuk NPK yang mampu menekan perkembangan vascular streak dieback (VSD) dan busuk busuk buah pada tanaman kakao. Penelitian ini dilakukan di Desa Batu Panga, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat. Penelitian berlangsung mulai bulan Juni 2021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan kontrol, pupuk NPK, pupuk kandang ayam, biochar, pupuk NPK + biochar, dan pupuk kandang ayam + biochar tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan penyakit VSD dan busuk buah pada tanaman kakao dengan pengaplikasi di atas permukaan tanah dan mulsa vertikal.

Keywords : Biochar, Busuk Buah, Tanaman Kakao, Pengendalian Penyakit, Pupuk, Vascular Streak Dieback

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biochar, Black Pod Rots, Cocoa Plant, Disease Control, Fertilizer, Vascular Streak Dieback
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Hama dan Peny. Tumbuhan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:03
Last Modified: 03 Feb 2023 02:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24504

Actions (login required)

View Item
View Item