Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Pengguna Mobile Banking terhadap Adopsi Mobile Banking di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Palopo


Pebrianty, Devika Reski (2023) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Pengguna Mobile Banking terhadap Adopsi Mobile Banking di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Palopo. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of A012202033_tesis_30-12-2022 cover1.png]
Preview
Image
A012202033_tesis_30-12-2022 cover1.png

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of A012202033_tesis_30-12-2022 1-2.pdf] Text
A012202033_tesis_30-12-2022 1-2.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of A012202033_tesis_30-12-2022 dp.pdf] Text
A012202033_tesis_30-12-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A012202033_tesis_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pengguna mobile banking terhadap adopsi mobile banking di PT. BNI (Persero) Tbk Kantor Cabang Palopo. Masalah yang ditemukan ialah hanya 15% dari total nasabah yang menjadi pengguna mobile banking dan 34% dari pengguna tersebut yang dikategorikan sebagai pengguna aktif. Setelah dilakukan observasi lapangan dan studi literatur, faktor-faktor yang dianalisa dalam penelitian ini ialah persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, kesadaran, pengaruh sosial, dan kualitas layanan elektronik yang diperkirakan mempengaruhi persepsi pengguna untuk mengadopsi mobile banking. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan mengumpulkan kuesioner secara langsung dan online melalui google form. Sampel yang digunakan sebanyak 312 responden pengguna mobile banking yang aktif menggunakan BNI Mobile Banking minimal 1 kali dalam sebulan terakhir. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi linier berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, kesadaran, pengaruh sosial, dan kualitas layanan elektronik masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi mobile banking di PT. BNI (Persero) Tbk Kantor Cabang Palopo.

This study aims to know and analyze the factors affecting the perception of mobile banking users on adoption of mobile banking at PT. BNI Palopo Branch Office. Problem that found is only 15% of total customers population who became mobile banking users and 34% of the mobile banking users who are categorized as active users. Then after observing directly and studying the previous literatus, factors that analyzed in this study are Perceived Ease of Use, Trust, Awareness, Social Influence, and Electronic Service Quality that assumed affecting the perception of users to adopt mobile banking. The research using quantitative method by collecting questionnaire directly and online. Sampling method using Purposive Sampling. The sampels taken were 312 respondents who actively using BNI Mobile Banking by making transaction at least once in the latest month. Methods of data analysis using multiple linear regression analysis by SPSS 25 version. The result showed that Perceived Ease of Use, Trust, Awareness, Social Influence, and Electronic Service Quality partially have positive and significant effect on adoption of mobile banking at PT. BNI Palopo Branch Office.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:12
Last Modified: 31 Jan 2023 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24401

Actions (login required)

View Item
View Item