Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang dan Zat Pengatur Tumbuh terhadap Sifat Kimia Tanah dan Pertumbuhan Tanaman Padi = Effect of manure and groth regulators on soil chemical properties and growth of rice plants


Angraini, Sukni (2022) Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang dan Zat Pengatur Tumbuh terhadap Sifat Kimia Tanah dan Pertumbuhan Tanaman Padi = Effect of manure and groth regulators on soil chemical properties and growth of rice plants. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11115055_skripsi_10-06-2022 cover1.png

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11115055_skripsi_10-06-2022 1-2.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G11115055_skripsi_10-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G11115055_skripsi_10-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SUKNI ANGRAINI. Pengaruh pemberian pupuk kandang dan zat pengatur tumbuh terhadap sifat kimai tanah dan pertumbuhan tanaman padi. Pembimbing MUH. JAYADI dan SARTIKA LABAN.

Latar belakang. Sifat kimia tanah memengaruhi produktivitas lahan sawah. Perbaikan sifat kimia tanah dapat dilakukan dengan mengaplikasikan pupuk kandang kambing dan zat pengatur tumbuh dari bahan dasar ekstrak jagung. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pupuk kandang dan zat pengatur tumbuh terhadap sifat kimia tanah dan pertumbuhan tanaman padi. Selain itu, untuk memmeplajari pengaruh kombinasi pupuk kandang dan zat pengatur tumbuh terhadap sifat kimia tanah dan pertumbuhan tanaman padi. Metode. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terpisah (RPT) yang terdiri dari pupuk kandang (P) sebagai petak utama dan zat pengatur tumbuh (E) sebagai anak petak. Setiap perlakuan memiliki 3 taraf dan diulang sebanyak 2 kali sehingga terdapat 18 unit percobaan. Pupuk kandang yang digunakan yaitu pupuk kandang kambing sedangkan zat pengatur tumbuh diperoleh dari ekstrak biji jagung. Parameter pengamatan terdiri dari sifat kimia tanah dan pertumbuhan tanaman. Sifat kimia tanah yang diamati terdiri dari pH, KTK, C-organik, N, P, dan K sedangkan pertumbuhan tanaman terdiri dari tinggi tanaman, jumlah anakan, dan berat kering tanman. Sifat kimia tanah diamati sebelum dan setelah penelitian, sedangkan pertumbuhan tanaman diamati setiap seminggu sekali. Hasil. Sifat kimia tanah seperti C-organik, KTK, N, P dan K cenderung meningkat setelah pemberian pupuk kandang. Namun secara statistik tidak berpengaruh terhadap sifat kimia tanah. Pemberian ekstrak biji jagung berpengaruh terhadap sifat kimia tanah seperti KTK, P dan K tetapi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman padi. Sifat kimia tanah pada perlakuan ekstrak jagung sebanyak 6 mL/L tidak berbeda nyata dengan perlakuan pemberian ekstrak jagung sebanyak 12 mL/L. Kadar N pada tanah lebih tinggi jika diberikan ekstrak jagung sebesar 12 mL/L (E2) dibandingkan dengan 6 mL/L (E1). Kesimpulan. Pemberian pupuk kandang menyebabkan peningkatan sifat kimia tanah seperti C-organik, KTK, N, P dan K. Pemberian zat pengatur tumbuh berpengaruh nyata terhadap sifat kimia tanah seperti KTK , N-total , P-total dan K-total. Namun pemberian pupuk kandang, zat pengatur tumbuh, dan kombinasi pupuk kandang dengan zat pengatur tumbuh tidak berpengaruh terhadap sifat kimia tanah dan tanaman padi.

Kata kunci : Ekstrak jagung, pupuk kandang kambing, sifat kimia tanah, tanah sawah, ZPT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corn seed extract, goat manure, soil chemical properties, rice paddy field, ZPT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:00
Last Modified: 31 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item
View Item