ARCA DEWI DURGA DI PURA BUKIT DHARMA DURGA KUTRI GIANYAR DAN ARCA DEWI DURGA DI CANDI JAWI PASURUAN (STUDI KOMPARATIF) = Goddess Durgaat at Pura Bukit Dharma Durga Kutri Gianyar and Goddess Durga Statue from Temple of Jawi Pasuruan (Comparative Study)


Farsahin, Lalu Muhamad Balia (2022) ARCA DEWI DURGA DI PURA BUKIT DHARMA DURGA KUTRI GIANYAR DAN ARCA DEWI DURGA DI CANDI JAWI PASURUAN (STUDI KOMPARATIF) = Goddess Durgaat at Pura Bukit Dharma Durga Kutri Gianyar and Goddess Durga Statue from Temple of Jawi Pasuruan (Comparative Study). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F071181307_skripsi_24-05-2022 cover1.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F071181307_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F071181307_skripsi_24-05-2022 dp.pdf

Download (929kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F071181307_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penemuan arca Dewi Durga yang cukup banyak di Indonesia, terutama di wilayah Bali dan Jawa. Meskipun tokoh dewi yang diarcakan adalah sama yaitu dewi Durga, namun memperlihatkan adanya kesamaan dan perbedaan-perbedaan. Tujuan penelitian ini untuk menemukan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan dan persamaan dari arca dewi Durga dari situs Pura Bukit Dharma Durga Kutri dan Candi Jawi, sehingga menambah khazanah pengetahuan mengenai ragam arca Dewi Durga di Indonesia dan berkontribusi dalam bidang arkeologi klasik Hindu-Budha. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan arkeologi sejarah yang menggunakan analisis ikonografi klasik Hindu-Budha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa bagian dan juga laksana pada kedua arca yang memiliki persamaan dan perbedaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor agama Hindu yang berkembang seperti di Bali pada masa dinasti Warmadewa berkembang aliran Siwa-Budha dan Tantrayana Bhairawa, sedangkan pada masa kerajaan Singosari berkembang aliran Siwa-Budha dan Tantrayana Kalachakra, gaya seni yang berkembang di Bali adalah Hindu Bali, Bali Kuna, dan Bali Madya, sedangkan di Jawa Timur berkembang gaya seni Kadiri, Singosari-Majapahit, dan Majapahit akhir, dan situasi politik pada masa dinasti Warmadewa dan Kerajaan Singosari yang pada masa pembuatan arca sedang berada pada puncak keemasannya, dikarenakan sedang di pimpin oleh raja-raja yang masyhur seperti di dinasti Warmadewa, raja suami-istri Sri Dharmodayana dan Sri Gunapriyadharmpatni, sedangkan di kerajaan Singosari terdapat Maharajadiraja Kertanegara.

Keywords : Arca Dewi Durga, Ikonografi, Kutri, Jawi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Goddess Durga Statue, Iconography, Kutri, Jawi
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:40
Last Modified: 31 Jan 2023 04:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24374

Actions (login required)

View Item
View Item