PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP KERUSAKAN MAKAM ISLAM DI KABUPATEN ENREKANG (Studi Kasus Kompleks Makam Laiya, Kecamatan Alla dan Kompleks Makam Nek Rano, Kecamatan Baroko) = The Enviromental Influence on Damage to Islamic Cemeteries in Enrekang Regency (Case Study of Laiya Tomb Complex, Alla District and Nek Rano Tomb Complex, Baroko District)


Awlya, Ririn (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP KERUSAKAN MAKAM ISLAM DI KABUPATEN ENREKANG (Studi Kasus Kompleks Makam Laiya, Kecamatan Alla dan Kompleks Makam Nek Rano, Kecamatan Baroko) = The Enviromental Influence on Damage to Islamic Cemeteries in Enrekang Regency (Case Study of Laiya Tomb Complex, Alla District and Nek Rano Tomb Complex, Baroko District). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F071181004_skripsi_16-09-2022 cover1.png

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F071181004_skripsi_16-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F071181004_skripsi_16-09-2022 dp.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F071181004_skripsi_16-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2025.

Download (39MB)

Abstract (Abstrak)

Ririn Awlya. “Pengaruh Lingkungan terhadap Kerusakan Makam Islam di Kabupaten Enrekang (Studi Kasus Kompleks Makam Laiya, Kecamatan Alla dan Kompleks Makam Nek Rano, Kecamatan Baroko)” (dibimbing oleh Khadijah Thahir Muda dan Erwin Mansyur Ugu Saraka)

Penelitian ini difokuskan pada identifikasi bentuk kerusakan yang terjadi pada Kompleks Makam Laiya dan Kompleks Makam Nek Rano di Kabupaten Enrekang. Permasalahan yang diajukan adalah mengidentifikasi bentuk kerusakan, faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan, dan upaya penanganan untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada makam. Untuk mengetahui kondisi makam tersebut dilakukan studi pustaka, observasi lapangan, pengklasifikasian kerusakan yang kemudian dijelaskan dalam bentuk tabel dan peta sebaran kerusakan. Adapun hasil identifikasi terhadap kerusakan yang terjadi pada Kompleks Makam Laiya dan Kompleks Makam Nek Rano meliputi kerusakan mekanis, pelapukan biologis, fisis, dan khemis. Perhitungan hasil persentase kerusakan menunjukkan perbedaan bentuk kerusakan yang mendominasi setiap sektor. Pada Kompleks Makam Laiya dan Kompleks Makam Nek Rano didominasi oleh pelapukan fisis. Hal ini dikarenakan kompleks makam yang berada di lingkungan terbuka dan minimnya pepohonan menjadi penyebab terjadinya pelapukan fisis. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi upaya penanganan terhadap kerusakan yang terjadi pada Kompleks Makam Laiya dan Kompleks Makam Nek Rano. Bentuk penanganan meliputi perawatan preventif dan kuratif, melakukan penanaman pohon pelindung di area kedua kompleks makam, pembersihan dari debu maupun mikroorganisme (lumut dan lichen), perbaikan pagar, pembuatan papan informasi, dan perlindungan hukum.

Kata Kunci: Makam, Kerusakan, Pengaruh Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grave, Damage, Environmental Influence
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:23
Last Modified: 31 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24368

Actions (login required)

View Item
View Item