Dampak Pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita Sebagai Objek Wisata Budaya Di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan = The Impact of Utilizing the Sumpang Bita Archaeological Park as a Cultural Tourism Object in Pangkajene Regency and the Islands of South Sulawesi Province


Dafanjani, Salna (2022) Dampak Pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita Sebagai Objek Wisata Budaya Di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan = The Impact of Utilizing the Sumpang Bita Archaeological Park as a Cultural Tourism Object in Pangkajene Regency and the Islands of South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F071181003_skripsi_15-08-2022 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F071181003_skripsi_15-08-2022 1-2.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F071181003_skripsi_15-08-2022 dp.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F071181003_skripsi_15-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Taman Purbakala Sumpang Bita merupakan cagar budaya yang terletak di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Taman Purbakala Sumpang Bita telah dimanfatkan sebagai objek wisata, sehingga dapat menimbulkan dampak baik positif maupun negatif bagi masyarakat dan situs arkeologinya. Masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita sebagai objek wisata budaya bagi situs arkeologinya. 2) Bagaimana dampak pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita sebagai objek wisata budaya bagi masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita sebagai objek wisata budaya bagi situs arkeologinya. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita sebagai objek wisata budaya bagi masyarakat setempat. Adapun tahapan dari penelitian ini yaitu tahap pengumpulan data yang terdiri dari pengumpulan data pustaka, observasi, pemetaan, wawancara dan kuesioner online. Tahap selanjutnya yaitu pengolahan data atau analisis data. Analisis data yang digunakan yaitu analisis nilai penting. Tahap terakhir yaitu tahap penafsiran data atau penjelasan data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dampak pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita bagi situs arkeologinya yaitu ditemukannya vandalisme berupa coretan pada dinding gua di Leang Bulu Sumi dan Leang Sumpang Bita. Selain di dinding gua, terdapat juga vandalisme di papan informasi situs. Ditemukan juga sampah yang berserakan di Leang Bulu Sumi maupun di Leang Sumpang Bita. Sementara itu, dampak pemanfaatan Taman Purbakala Sumpang Bita membawa dampak positif bagi masyarakat setempat dari segi sosial dan ekonomi.

Kata Kunci : Dampak, Pemanfaatan, Taman Purbakala Sumpang Bita, Wisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Impact, Utilization, Sumpang Bita Archaeological Park, Tourism
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:23
Last Modified: 31 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24367

Actions (login required)

View Item
View Item