MASKULINITAS DALAM CERITA PENDEK HEMINGWAY PADA THE NICK ADAMS STORIES = MASCULINITY IN THE SELECTED SHORT STORIES OF HEMINGWAY’S THE NICK ADAMS STORIES


Muthmainnah, Nurul (2022) MASKULINITAS DALAM CERITA PENDEK HEMINGWAY PADA THE NICK ADAMS STORIES = MASCULINITY IN THE SELECTED SHORT STORIES OF HEMINGWAY’S THE NICK ADAMS STORIES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041181015_skripsi_28-09-2022 cover1.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041181015_skripsi_28-09-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041181015_skripsi_28-09-2022 dp.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041181015_skripsi_28-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Nurul Muthmainnah. 2022. Hegemonic Masculinity in the Selected Short Stories of Hemingway’s Nick Adams Stories. Dibimbing oleh Abidin Pammu dan
A. ST. Aldilah Khaerana.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi maskulinitas dalam cerita-cerita pendek pilihan Hemingway dalam Nick Adams Stories.Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis konstruksi maskulinitas berdasarkan hirarki maskulinitas dalam cerita pendek Indian Camp, The Doctor and the Doctor's Wife, The Three-Day Blow, Big Two-Hearted River.
Penelitian ini menggunakan pendekatan strukturalisme dan studi gender. Kedua teori tersebut untuk menganalisis unsur intrinsik dalam melihat hubungan antar elemen karakter, alur, latar dan tema, sebagai pisau bedah dalam mengkaji karya sastra, serta untuk menganalisis lebih jauh mengenai konstruksi maskulinitas pada karakter-karakteer dalam cerita berdasarkan hirarki maskulinitas. Penelitian ini sepenuhnya adalah penelitian kualitatif yang didasarkan pada penelitian perpustakaan.
Penelitian ini memperlihatkan bahwa maskulinitas dalam cerita-cerita pendek pilihan Hemingway dalam Nick Adams Stories dikonstruksi secara sistematis melalui elemen-elemen pembentuk cerita. Narasi mengenai bagaimana laki-laki ideal sesuai dengan standar maskulinitas dikonstruksikan dari representasi figure dominan dalam keluarga dan masyarakat yang tergolong dalam karakter hegemoni maskulin. Aspek maskulinitas ditemukan dalam dominasi karakter laki-laki juga dikuatkan dengan bagaimana mereka berinteraksi dan bersikap dalam hubungan antara laki-laki dengan laki-laki maupun antara laki-laki dan perempuan. Nilai-nilai maskulinitas yang terefleksi dalam cerita, dikonstruksi secara sistematis dari pengaruh figure otoratif dominan yang menjadi sosok ideal dan mampu menjadi contoh panutan dalam bersikap dan berpikir.
Kesipulan dalam penelitian ini adalah maskulinitas dalam cerita-cerita pendek pilihan di Nick Adams Stories dikonstruksi dalam dominasi gender yang berpusat pada dunia laki-laki. Hirarki maskulinitas diperlukan untuk membaca hubungan sosial antar karakter secara lebih spesifik dalam hubungannya dengan relasi gender yang digambarkan pada cerita.

Kata Kunci: Ernest Hemingway, Nick Adams Stories, Maskulinitas, Hirarki Maskulinitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ernest Hemingway, Nick Adams Stories, Masculinity, Hierarchy of Masculinity
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:06
Last Modified: 26 Jan 2023 07:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item
View Item