KARAKTER TOKOH DALAM NOVEL ḤAMĀMAH AL- SALĀM KARYA NAJIB EL-KAILANI (Suatu Tinjauan Intrinsik) = CHARACTER CHARACTERS IN NAJIB EL-KAILANI'S NOVEL ḤAMĀMAH AL- SALĀM (An Intrinsic Review)


Aziz, Nurhikmah (2022) KARAKTER TOKOH DALAM NOVEL ḤAMĀMAH AL- SALĀM KARYA NAJIB EL-KAILANI (Suatu Tinjauan Intrinsik) = CHARACTER CHARACTERS IN NAJIB EL-KAILANI'S NOVEL ḤAMĀMAH AL- SALĀM (An Intrinsic Review). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F41115009_skripsi_10-08-2022 cover1.png

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F41115009_skripsi_10-08-2022 1-2.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F41115009_skripsi_10-08-2022 dp.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F41115009_skripsi_10-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2025.

Download (953kB)

Abstract (Abstrak)

NUR HIKMAH A. Karakter dalam novel “Ḥamāmah Al- Salām Karya Najib El-Kailani (Suatu Tinjauan Intrinsik) dibimbing oleh Haeriyyah, S. Ag., M.Pd.I. dan Mujadilah Nur S.S., M.Hum.

Skripsi ini membahas tentang “Karakter Tokoh Dalam Novel Ḥamāmah Al- Salām Karya Najib el-Kailani”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter tokoh dan menganalisis perubahan karakter tokoh yang terdapat dalam novel.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka atau library research. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan intrinsik. Pengumpulan data menggunakan metode simak melalui teknik close reading atau membaca secara cermat dengan metode analisis data deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan karakter baik dan karakter buruk dalam setiap tokoh yang berbeda dalam novel. Selain itu juga terdapat tokoh yang mengalami perubahan karakter dikarenakan oleh faktor internal dan eksternal. Tokoh yang memiliki karakter baik diantaranya adalah: Sakinah yang cerdas, cantik, berani, berakhlak baik, sopan santun dan perhatian; tokoh Jalaluddin yang berani menyampaikan kebenaran; Syekh Abdul Baqi yang selalu bijaksana memberi nasehat dan cinta kedamaian; Abdul Hamid yang sopan dan ramah kepada sesama; serta anak-anak Abdul Wadud yang lain, memiliki karakter baik, perhatian dan menginginkan kedamaian untuk penyelesaian masalah yang dihadapi ayahnya. Sedangkan tokoh yang memiliki karakter buruk diantaranya adalah: Tokoh Haji Abdul Wadud Ridwan memiliki karakter kejam, licik, tidak adil, egois dan sombong; Rabi yang teledor dan keras kepala; Siti yang sombong dan suka menghina; Kepala kampung, tokoh masyarakat dan hansip memiliki karakter yang penakut. Adapun tokoh yang mengalami perubahan karakter dalam cerita novel ialah tokoh Abdul Wadud yang dipengaruhi oleh faktor internal yakni motivasi yang mendorongnya, kebutuhan Abdul Wadud dan cinta yang tulus. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi perubahan karakter Abdul Wadud ialah faktor sosial.

Keywords : Novel, Karakter, Tokoh, Karakter Tokoh, Tinjauan Intrinsik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel, Karakter, Tokoh, Karakter Tokoh, Tinjauan Intrinsik
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:23
Last Modified: 26 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24263

Actions (login required)

View Item
View Item