Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Pamflet Promosi Yang Tidak Sesuai Deangan Harga Di Kasir Pada Restoran Makanan Cepat Saji


Salsabillah, Vira Praditha (2023) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Pamflet Promosi Yang Tidak Sesuai Deangan Harga Di Kasir Pada Restoran Makanan Cepat Saji. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of B11116512_skripsi cover1.png]
Preview
Image
B11116512_skripsi cover1.png

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of B11116512_skripsi 1-2.pdf] Text
B11116512_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B11116512_skripsi dp.pdf] Text
B11116512_skripsi dp.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B11116512_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Vira Praditha Salsabillah (B11116512), dengan judul “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Pamflet Promosi yang Tidak Sesuai Dengan Harga di Kasir Pada Restoran Cepat Saji” di bawah bimbingan ibu Sakka Pati dan ibu Andi Suci Wahyuni.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pamflet promosi restoran cepat saji dapat digolongkan sebagai klausula perjanjian. Serta untuk mengetahui dan menganalisis pelaku usaha dapat bertanggung jawab atas kerugian yang diderita konsumen berdasarkan pamflet promosi nya.

Metode penelitian yang digunakan, yaitu normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Bahan yang diperoleh dianalisis secara sistematis.

Adapun hasil penelitian ini, yaitu (1) Pamflet promosi restoran cepat saji dapat digolongkan sebagai klausula perjanjian. Dengan mengacu pada 3 teori yakni teori kehendak (wils theorie), teori pernyataan (verklarings theorie), dan teori penawaran dan penerimaan (offer and acceptance). (2) Pelaku usaha dapat dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian yang diderita konsumen berdasarkan pamflet promosi sebagai bagian klausula perjanjian yang telah disepakati. Hal ini disebakan oleh tindakan pelaku usaha yang tidak memenuhi prestasi sebagaimana mestinya sehingga terjadi wanprestasi (ingkar janji) terhadap perjanjian jual beli serta melakukan pelanggaran terhadap UUPK. Oleh karena itu, pelaku usaha restoran cepat saji wajib bertanggung jawab baik untuk melaksanakan perjanjian maupun membayar ganti rugi atas kerugian konsumen.

Kata Kunci: Harga; Konsumen; Pamflet Promosi; Restoran Cepat Saji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:20
Last Modified: 26 Jan 2023 03:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24252

Actions (login required)

View Item
View Item