Mohungo, Yolanda (2023) ORIENTASI PASAR DAN INOVASI ESTETIKA MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA BISNIS UKM SULAMAN KARAWO DI PROPINSI GORONTALO. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
A013181004_disertasi_04-01-2023 cover1.png
Download (169kB) | Preview
A013181004_disertasi_04-01-2023 1-2.pdf
Download (809kB)
A013181004_disertasi_04-01-2023 dp.pdf
Download (1MB)
A013181004_disertasi_04-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi estetika terhadap kinerja usaha UKM Sulaman Karawo di Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan unit analisis dan populasinya adalah UKM sulaman karawo di Provinsi Gorontalo. Sampel terdiri dari 180 UKM sulaman karawo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online. Pengujian hipotesis menggunakan alat Analisis Model Persamaan Struktural (AMOS 25). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif langsung dan signifikan terhadap orientasi pasar dan inovasi estetika. Orientasi pasar dan inovasi estetika berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UKM. Orientasi kewirausahaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UKM. Orientasi pasar dan inovasi estetika mampu memediasi orientasi kewirausahaan dan kinerja bisnis UKM.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 01:17 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 01:17 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24249 |