Kohesi Gramatikal Referensi dalam Kumpulan Cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari: Analisis Wacana = The Reference Grammatical Cohesion Mata yang Enak Dipandang of Ahmad Tohari's in the Collection of Short Stories: Discourse Analysis


Aulia, Nurul (2022) Kohesi Gramatikal Referensi dalam Kumpulan Cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari: Analisis Wacana = The Reference Grammatical Cohesion Mata yang Enak Dipandang of Ahmad Tohari's in the Collection of Short Stories: Discourse Analysis. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F011181018_skripsi_28-09-2022 cover1.png

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F011181018_skripsi_28-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F011181018_skripsi_28-09-2022 dp.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F011181018_skripsi_28-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NURUL AULIA. Kohesi Gramatikal Referensi dalam Kumpulan Cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari: Analisis Wacana (dibimbing oleh Nurhayati dan Asriani Abbas).
Penelitian ini bertujuan menjelaskan bentuk-bentuk kohesi gramatikal referensi dan fungsi-fungsinya dalam kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. …………………… Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana, yaitu kohesi gramatikal referensi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yakni metode simak dengan teknik catat. Adapun, data penelitian yang diperoleh, yakni bentuk-bentuk kohesi gramatikal referensi yang terdiri atas referensi persona, referensi demonstratif, dan referensi komparatif. Sumber data diperoleh dari karya sastra berupa kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. Adapun, beberapa cerpen yang dijadikan objek dalam penelitian ini, yakni Rusmi Ingin Pulang, Harta Gantungan, Pemandangan Perut, dan Bulan Kuning Sudah Tenggelam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan data secara objektif baik dalam bentuk lisan maupun tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kohesi gramatikal referensi dalam kumpulan cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari terdiri atas tiga bentuk, yaitu: (1) referensi persona yang terdiri atas persona pertama, persona kedua, persona ketiga, dan persona klitika (2) referensi demonstratif yang terdiri atas demonstratif waktu, demonstratif tempat, dan demonstratif umum, dan (3) referensi komparatif. Adapun, fungsi-fungsi kohesi gramatikal referensi, yaitu: (1) penghubung acuan antarkalimat dengan bagian kalimat dan hubungan posesif (kepemilikan), (2) titik pangkal jarak jauh dan dekat, dan (3) hubungan setara dan tidak setara.

Kata kunci : analisis wacana, kohesi, gramatikal, referensi, cerpen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: discourse analysis, cohesion, grammatical, reference, short story
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:01
Last Modified: 05 Jan 2023 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24169

Actions (login required)

View Item
View Item