Gunandi, Khaerul (2022) Ragam Reduplikasi Bahasa Indonesia pada Penjual Kosmetik Pengguna Facebook = Variety of Indonesian Language Reduplication by Cosmetics Seller for Facebook Users. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F011181005_skripsi_05-08-2022 cover1.png
Download (143kB) | Preview
F011181005_skripsi_05-08-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
F011181005_skripsi_05-08-2022 dp.pdf
Download (4MB)
F011181005_skripsi_05-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2025.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk-bentuk reduplikasi dan maknanya terhadap penggunaan reduplikasi dalam menawarkan produk kosmetik di facebook.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan morfologi dan pendekatan semantik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari dua belas pelaku usaha kosmetik di facebook dengan data penelitian diperoleh pada kalimat yang unsur-unsurnya berupa kata reduplikasi dalam penawaran produk kosmetik di facebook. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penelitian pustaka dan penelitian lapangan dengan menggunakan metode simak. Penelitian ini menggunakan teknik catat dan teknik tangkapan layar (screenshot). Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan data berdasarkan fakta dan fenomena yang ditemukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk reduplikasi dalam penawaran produk kosmetik di facebook terdiri atas enam bentuk, yaitu: (1) reduplikasi seluruh, (2) reduplikasi sebagian, (3) reduplikasi dengan perubahan fonem, (4) reduplikasi dengan unsur bahasa daerah (Makassar), (5) reduplikasi dengan unsur bahasa gaul (prokem), dan (6) reduplikasi dengan unsur bahasa asing (Inggris). Adapun makna yang diacu oleh penggunaan reduplikasi dalam penawaran produk kosmetik di facebook yaitu: (1) menyatakan makna ‘banyak’, (2) menyatakan makna ‘perbuatan’, (3) menyatakan makna ‘agak’, (4) menyatakan makna ‘bermacam-macam’, (5) menyatakan makna ‘paling’, dan (6) menyatakan makna ‘sangat’.
Keywords : morfologi, reduplikasi, penjual kosmetik, bentuk dan makna, media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | morphology, reduplication, cosmetics seller, form and meaning, social media |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 01:00 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 01:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24168 |