Analisis Agresivitas Republik Rakyat Tiongkok di Laut China Selatan terhadap Keamanan Regional Asia Tenggara (Studi Kasus: Negara-negara Asia Tenggara Pengklaim Laut China Selatan) = Analysis of People’s Republic of China Aggressiveness in the South China Sea towards Southeast Asian Regional Security (Case Study: Southeast Asia Countries Claimants of the South China Sea)


Pramadiansyah, A. Muh. Fadhil (2022) Analisis Agresivitas Republik Rakyat Tiongkok di Laut China Selatan terhadap Keamanan Regional Asia Tenggara (Studi Kasus: Negara-negara Asia Tenggara Pengklaim Laut China Selatan) = Analysis of People’s Republic of China Aggressiveness in the South China Sea towards Southeast Asian Regional Security (Case Study: Southeast Asia Countries Claimants of the South China Sea). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181520_skripsi_22-09-2022 cover1.png

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181520_skripsi_22-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181520_skripsi_22-09-2022 dp.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181520_skripsi_22-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Fadhil Pramadiansyah. 2018. E061181520. “Analisis Agresivitas Republik Rakyat Tiongkok di Laut China Selatan terhadap Keamanan Regional Asia Tenggara (Studi Kasus: Negara-negara Asia Tenggara Pengklaim Laut China Selatan)”. Pembimbing I: Agussalim S. IP, MIRAP. Pembimbing II: Bama Andika Putra, S. IP., MIR. Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan alasan agresivitas Republik Rakyat Tiongkok di Laut China Selatan dan menjelaskan dampak agresivitas tersebut terhadap keamanan negara-negara Asia Tenggara yang mengklaim Laut China Selatan, yaitu Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei Darussalam.
Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitik, di mana akan menjelaskan tujuan dari perilaku agresif dan instrumen-instrumen yang digunakan Tiongkok di Laut China Selatan serta dampak keamanan dari negara-negara pengklaim tersebut dengan menguraikan data primer dan sekunder yang relevan dengan pembahasan.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa alasan Tiongkok berperilaku agresif disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dengan menggunakan beberapa sarana yang mereka miliki, mulai dari instrumen yang bersifat demonstratif hingga ofensif. Hal tersebut pun memperlihatkan perilaku agresif Tiongkok tersebut berpengaruh terhadap beberapa negara pengklaim lainnya dengan merespon melalui kebijakan keamanan.

Keywords : Laut China Selatan, Republik Rakyat Tiongkok, Agresivitas, Kebijakan Keamanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The South China Sea, the People’s Republic of China, Aggressiveness, Security Policies
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:04
Last Modified: 04 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24137

Actions (login required)

View Item
View Item