Pengaruh Kerja Sama Indonesia-Australia dalam Upaya Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di Bidang Keamanan = The Influence of Indonesia-Australia Cooperation in Efforts to Realize Indonesia as a World Maritime Axis in the Security Sector


As`ad, Istiqomah Febrian Alda (2022) Pengaruh Kerja Sama Indonesia-Australia dalam Upaya Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di Bidang Keamanan = The Influence of Indonesia-Australia Cooperation in Efforts to Realize Indonesia as a World Maritime Axis in the Security Sector. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181338_skripsi_23-09-2022 cover1.png

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181338_skripsi_23-09-2022 1-2.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181338_skripsi_23-09-2022 dp.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181338_skripsi_23-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perjanjian kerja sama antara Indonesia dan Australia, yakni Perjanjian Lombok atau Lombok Treaty mengenai penegakan hukum, intelegen, pertahanan, terorisme, dan keamanan maritime. Kerja sama ini juga dilanjutkan dengan MoU Joint Declaration on a Comprehensive Strategic Partnership between Australia and the Republic of Indonesia pada masa pemerintahan Joko Widodo dalam mewujudkan visi bersama kemaritiman yang aman dan stabil. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis lebih dalam terkait dengan kerja sama Indonesia dan Australia, serta bagaimana pengaruhnya dalam membantu mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia (PMD) dibidang keamanan pada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Metode penelitian yang diterapkan dalam penulisan skripsi ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data telaah Pustaka yang bersumber dari berbagai jurnal, artikel, buku, situs daring, dan juga berbagai penelitian yang berkorelasi dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunap-kan konsep kerja sama maritim untuk melihat hubungan kerja sama bilateral Indonesia dan Australia yang didasarkan pada permasalahan dan bertujuan untuk mencapai kepentingan masing-masing negara. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan konsep diplomasi maritim untuk menunjukkan perilaku Indonesia yang menjalin hubungan kerja sama dengan Australia. Hasil penelitian ini memperlihakan bahwa kerja sama maritim yang di jalankan Indonesia dan Australia dalam Memorandum of Understanding (MoU) Joint Declaration on Maritime Cooperations Between The Government Australian and Government of Republic Indonesia tahun 2017 ini dapat berdampak pada usaha perwujudan Poros Maritim Dunia yang dicanangkan Presiden Jokowi dibidang keamanan. Dengan melakukan diplomasi maritim dan dijalakannya kegiatan kerja sama maritim seperti latihan bersama, pertukaran personel, penegakan hukum laut, dan penanganan kegiatan illegal fishing di perbatasan. Sebagai kesimpulan, kerja sama maritim Indonesia dan Australia diimplementasikan dalam berbagai bentuk kerja sama yang memberikan dampak positif terhadap pembangunan kualitas personel, profesinalisme personel TNI AL dan RAN, serta adanya pertukaran informasi dalam pelaksanaan operasi keamanan maritim bersama Indonesia.

Keywords : Kerja Sama Maritim, Kepentingan Nasional, Diplomasi Maritim, Militer, Keamanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maritime Cooperation, National Interest, Maritime Diplomacy, Military, Security
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:03
Last Modified: 04 Jan 2023 04:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item
View Item