Analisis Kerja Sama Indonesia dengan Perusahaan Farmasi Multinasional di Masa Pandemi COVID-19 : Studi Kasus Sinovac Biotech dan AstraZeneca = Analysis of Indonesia's Cooperation with Multinational Pharmaceutical Companies during the COVID-19 Pandemic: Case Study of Sinovac Biotech and AstraZeneca


Arysuci, Al Fitrah (2022) Analisis Kerja Sama Indonesia dengan Perusahaan Farmasi Multinasional di Masa Pandemi COVID-19 : Studi Kasus Sinovac Biotech dan AstraZeneca = Analysis of Indonesia's Cooperation with Multinational Pharmaceutical Companies during the COVID-19 Pandemic: Case Study of Sinovac Biotech and AstraZeneca. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181327_skripsi_cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181327_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (989kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181327_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181327_skripsi_19-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kerja sama vaksin antara Indonesia dan perusahaan farmasi multinasional Sinovac Biotech dan AstraZeneca melalui konsep diplomasi kesehatan global dan kerja sama internasional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran home government dalam mendorong implementasi kerja sama vaksin perusahaan farmasi multinasional dengan Indonesia melalui konsep multinational corporation. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa telaah Pustaka yang bersumber dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, dokumen, artikel, dan pernyataan tokoh resmi, serta laporan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi diplomasi vaksin Indonesia dalam upaya pemenuhan stok vaksin COVID-19 di masa pandemi dilakukan melalui kerja sama dengan perusahaan pengembang vaksin yaitu Sinovac Biotech dan AstraZeneca. Adapun dalam penelitian ini menunjukkan kerja sama vaksin yang dilakukan oleh Indonesia dan perusahaan pengembang vaksin di tahun 2020-2021 ialah berupa kerja sama dalam hal uji klinis vaksin, perjanjian pengadaan bulk vaccine, hingga penandatangan Advance Purchase Agreement. Bentuk-bentuk kerja sama ini dapat dikategorikan sebagai wujud praktik diplomasi kesehatan global Indonesia melalui pendekatan bilateral terhadap pengembang vaksin COVID-19. Dalam mendorong implementasi kerja sama tersebut, Penulis menemukan bahwa pemerintah negara asal perusahaan farmasi berperan penting dalam perwujudan kerja sama kedua pihak.

Keywords : Kerja Sama Vaksin, Diplomasi Kesehatan Global, Indonesia, Perusahaan Farmasi Multinasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Vaccine Cooperation, Global Health Diplomacy, Indonesia, Multinational Pharmaceutical Companies
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:14
Last Modified: 04 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item
View Item