Implikasi Program Green Growth Policy Perserikatan Bangsa-Bangsa Terhadap Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia = Implications of the United Nations Green Growth Policy Program for Sustainable Development in Indonesia


Rahmat, Rhin Khairina (2022) Implikasi Program Green Growth Policy Perserikatan Bangsa-Bangsa Terhadap Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia = Implications of the United Nations Green Growth Policy Program for Sustainable Development in Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181317_skripsi_15-06-2022 cover1.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181317_skripsi_15-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181317_skripsi_15-06-2022 dp.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181317_skripsi_15-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif berkontribusi dalam ajuan gagasan dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Hal tersebut berkaitan dengan kompleksitas isu yang mampu diselesaikan melalui optimalisasi proses pembangunan berkelanjutan. Olehnya, Indonesia mendukung proses tersebut dengan mengedepankan kelestarian lingkungan hidup melalui gagasan green growth policy (GGP) yang merupakan sebuah bentuk perekonomian yang kuat, tetap ramah lingkungan, serta inklusif secara sosial. Implementasi GGP di Indonesia dilaksanakan dibawah tanggungjawab Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Penerapan GGP memberikan implikasi terhadap pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengolah dan menganalisis data yang disusun dalam bentuk bahasa. Peneliti menganalisis GGP dengan menggunakan klasifikasi konsep rezim internasional menurut Krasner.

Melalui konsep tersebut, peneliti melihat bahwa implikasi penerapan green growth policy terhadap pembangunan berkelanjutan di Indonesia. dijalankan berdasarkan prosedur pengambilan keputusan (decision-making procedures) yang berlaku berdasarkan teori rezim internasional. Hal tersebut sesuai dengan gagasan Krasner yang menyatakan bahwa prosedur dan program dalam rezim internasional meliputi mekanisme, monitoring, sanksi-sanksi yang menjadi faktor dalam menilai kuat atau lemahnya peluang penerapan rezim dalam suatu negara. Faktor pendukung dan penghambat penerapan GGP di Indonesia. Faktor pendukung tersebut meliputi energi, manufaktur, konektivitas, sumber daya alam terbarukan, dan pasar baru berbasis modal alam. Hal tersebut sesuai dengan gagasan Krasner yang menyatakan bahwa rezim internasional melibatkan interaksi antar aktor dari spesifik isu atau masalah yang bertemu dan sepakat untuk menjalankan prinsip, norma, aturan dan cara-cara demi mencapai kepentingan bersama.

Keywords : Green Growth, Pembangunan Berkelanjutan, Rezim Internasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Green Growth, Sustainable Development, International Regime
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:10
Last Modified: 04 Jan 2023 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24128

Actions (login required)

View Item
View Item