Reformulasi Politik Luar Negeri Amerika Serikat di Amerika Latin dan Dampaknya di Bidang Politik & Keamanan = The United States Foreign Policy Reform in Latin America and Its Impact on Politics & Security


Andriani, Luthfania (2022) Reformulasi Politik Luar Negeri Amerika Serikat di Amerika Latin dan Dampaknya di Bidang Politik & Keamanan = The United States Foreign Policy Reform in Latin America and Its Impact on Politics & Security. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181018_skripsi_17-06-2022 cover1.png

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181018_skripsi_17-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181018_skripsi_17-06-2022 dp.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181018_skripsi_17-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

LUTHFANIA ANDRIANI, E061181018. “Reformulasi Politik Luar Negeri Amerika Serikat di Amerika Latin dan Dampaknya di Bidang Politik & Keamanan”. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Patrice Lumumba, M.A. selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Seniwati, S.Sos., M.Hum., Ph.D. selaku Dosen Pembimbing II, pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui substansi dan landasan yang mendasari reformulasi politik luar negeri Amerika Serikat di Amerika Latin serta dampaknya terhadap kawasan Amerika Latin, baik bidang politik dan keamanan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif melalui studi literatur dengan mengumpulkan data-data dari berbagai literatur, dan sumber informasi yang kredibel dan dapat dipercaya, seperti buku-buku, jurnal, artikel ilmiah, artikel berita, dan sumber informasi kredibel lainnya. Data-data yang telah diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformulasi politik luar negeri Amerika Serikat terhadap Amerika Latin pada era pemerintahan Joe Biden dilandasi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Secara internal, faktor kepentingan nasional yang ingin dicapai oleh Amerika bercermin pada nilai demokrasi dan mendorong pendekatan multilateralisme, soft power, dan diplomasi sebagai pendekatan, yang digunakan di era Biden. Secara eksternal, kondisi dan dinamika permasalahan yang terjadi di kawasan Amerika Latin, terutama menyangkut demokrasi dan migrasi.
Adapun dampak yang ditimbulkan dari kebijakan reformulasi politik luar negeri Joe Biden, yakni di bidang politik meliputi penegakan demokratisasi negara-negara di kawasan dan penyadaran terhadap ideologi politik yang tidak condong mengarah ke sosialis-komunis dan haluan kiri lainnya. Sedangkan pengaruh dalam bidang keamanan, dominan pada aktivitas dari warga negara tetangga Amerika Serikat di Amerika Latin yang melakukan tindakan melintas batas dan imigran illegal lainnya. Yang mana hal ini sangat mempengaruhi faktor keamanan yang meresahkan pihak Amerika Serikat.

Keywords : reformulasi politik luar negeri, Amerika Serikat, Kawasan Amerika Latin, bidang politik, bidang keamanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: foreign policy reformulation, United States of America, Latin America, political field, security field
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:30
Last Modified: 04 Jan 2023 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24113

Actions (login required)

View Item
View Item