Masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi dan Perjuangan Diplomasi Republik Indonesia = The Problem of Indonesian Migrant Workers (TKI) in Saudi Arabia and the Diplomatic Struggle of the Republic of Indonesia


Al Hasmi, Nurnaningsih (2022) Masalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi dan Perjuangan Diplomasi Republik Indonesia = The Problem of Indonesian Migrant Workers (TKI) in Saudi Arabia and the Diplomatic Struggle of the Republic of Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181016_skripsi_22-09-2022 cover1.png

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181016_skripsi_22-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181016_skripsi_22-09-2022 dp.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181016_skripsi_22-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NURNANINGSIH AL HASMI, E061181016, “Masalah Tenaga Kerja
Indonesia (TKI) di Arab Saudi dan Perjuangan Diplomasi Republik Indonesia”.
Dibawah bimbingan Bapak Drs.Patrice Lumumba, M.A, selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Burhanuddin S.IP, M.si selaku Dosen Pembimbing II, pada departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar perjuangan diplomasi Republik Indonesia dalam permasalahan TKI di Arab Saudi dan substansi perjuangan diplomasi Republik Indonesia terhadap permasalahan TKI di Arab Saudi. Dalam menjawab penelitian tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui studi literatur dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai sumber literatur seperti buku-buku, jurnal, artikel ilmiah, artikel berita, maupun sumber-sumber informasi yang kredibel lainnya. Data yang telah diperoleh tersebut kemusian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mendasari perjuangan diplomasi Republik Indonesia di Arab Saudi, yakni didasari oleh amanah konstitusi Republik Indonesia untuk memberikan perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri, termasuk TKI di Arab Saudi. Adapun substansi perjuangan diplomasi Republik Indonesia yakni untuk mewujudkan tujuan dan sasaran diplomasi Republik Indonesia yang memprioritaskan perlindungan terhadap TKI. Banyaknya TKI ke Arab Saudi disebabkan oleh tingginya permintaan dari negara tersebut selaku negara maju yang terus membangun negaranya di berbagai sektor, sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja. Hal ini menjadi peluang bagi Pemerintah Indonesia untuk mengirimkan TKI ke Arab Saudi agar dapat mengurangi pengangguran dan meningatkan ekonomi masyarat di Indonesia, akan tetapi akibat dari pengiriman tersebut menimbulkan berbagai permasalahan seperti: penganiayaan, gaji tidak dibayar, pelecehan, dan pembuhunan yang menimbulkan masalah dalam konteks hubungan Indonesia-Arab Saudi. Dengan dasar itu, sebagai konsekuensi bagi
Pemerintah Indonesia harus memperjuangkan nasib para TKI tersebut melalui diplomasinya seperti memediasi kepentingan para TKI dengan Pemerintah Arab Saudi, memberi advokasi atau bantuan hukum.

Kata Kunci : Tenaga Kerja Indonesia, Hubungan Bilateral, Diplomasi, Arab Saudi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indonesian Migrant Workers, Bilateral Relations, Diplomacy, Saudi Arabia.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:30
Last Modified: 04 Jan 2023 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24112

Actions (login required)

View Item
View Item