Pengaruh Idol K-Pop Neo Culture Technology (NCT) terhadap Diplomasi Budaya Indonesia di Era Digital = The Influence of Idol K-Pop Neo Culture Technology (NCT) on Indonesian Cultural Diplomacy in The Digital Era


Zulkarnain, Astrid Risa Miranti (2022) Pengaruh Idol K-Pop Neo Culture Technology (NCT) terhadap Diplomasi Budaya Indonesia di Era Digital = The Influence of Idol K-Pop Neo Culture Technology (NCT) on Indonesian Cultural Diplomacy in The Digital Era. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181005_skripsi_cover1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181005_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181005_skripsi_dp.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181005_skripsi_19-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Globalisasi telah mempengaruhi polarisasi yang terbentuk dalam aktivitas hubungan internasional khususnya terhadap implementasi diplomasi budaya. Merujuk pada teori transnasionalisme, aktor non-negara telah mendominasi aktivitas hubungan internasional melalui pemanfaatan budaya populer dan media sosial sebagai sarana dalam komunikasi internasional. Tidak terkecuali adanya implikasi peran aktor non-negara yang berasal dari kalangan grup idol K-Pop terhadap proses penyebaran budaya lokal suatu negara sebagai bentuk diplomasi budaya. Oleh karena itu, peneliti melihat adanya implikasi aktivitas transnasional NCT sebagai grup idol K-Pop yang mempengaruhi strategi dan implementasi diplomasi budaya Indonesia di era digital. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan pengamatan aktivitas penggunaan media sosial, peneliti menganalisis peran NCT dalam menyebarkan budaya Indonesia secara global melalui tiga pendekatan dalam diplomasi budaya menurut Cynthia Schneider yakni nilai, audiens, dan lingkungan.

Melalui tiga pendekatan tersebut, peneliti melihat bahwa peran NCT dalam menyebarkan nilai-nilai budaya Indonesia berdampak terhadap pembentukan dasar kepercayaan dan citra Indonesia secara internasional. Kemudian pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh NCT berhasil memperluas sasaran diplomasi budaya Indonesia yang dapat dilihat melalui capaian jumlah audiens dan jangkauan wilayah. Selain itu, peran NCT terhadap penyebaran budaya Indonesia juga mempengaruhi strategi dan kebijakan diplomasi budaya Indonesia yang ditunjukkan melalui rekognisi dan pemanfaatan NCT dalam salah satu proyek Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata. Demikian hasil penelitian di atas menunjukkan adanya peran NCT terhadap diplomasi budaya Indonesia sebagai bentuk pemanfaatan budaya yang sedang populer yakni K-Pop dan efektivitas penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi lintas negara di era digital.

Keywords : Diplomasi Budaya, Aktor Non-Negara, Transnasionalisme, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cultural Diplomacy, Non-State Actors, Transnationalism, Social Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:28
Last Modified: 04 Jan 2023 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item
View Item