STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN E-KTP PADA MASA PANDEMI DI KABUPATEN LUWU TIMUR = STRATEGY OF THE DEPARTMENT OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION IN IMPROVING ELECTRONIC IDENTITY CARD SERVICES DURING THE PANDEMIC IN EAST LUWU REGENCY


Sanjaya, Yudi (2022) STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN E-KTP PADA MASA PANDEMI DI KABUPATEN LUWU TIMUR = STRATEGY OF THE DEPARTMENT OF POPULATION AND CIVIL REGISTRATION IN IMPROVING ELECTRONIC IDENTITY CARD SERVICES DURING THE PANDEMIC IN EAST LUWU REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181304_skripsi_10-05-2022 cover1.png

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181304_skripsi_10-05-2022 1-2.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181304_skripsi_10-05-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181304_skripsi_10-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Yudi Sanjaya, Nomor Induk Mahasiswa E051181304, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi dengan judul: Strategi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dalam Meningkatkan Pelayanan E-Ktp Pada Masa Pandemi Di Kabupaten Luwu Timur” (Dibimbing oleh Prof. Dr. Juanda Nawawi, M.Si dan Rahmatullah, S.IP, M.Si).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dalam meningkatkan pelayanan pembuatan E-KTP di masa pandemi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur.Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penggunaan tipe penelitian deskriptif kualitatif ini didasarkan pada maksud penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana pelayanan pembuatan KTP elektronik di masa pandemi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur serta apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam memberikan layanan pada masyarakat Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur telah melaksanakan pelayanan publik sesuai standar pelayanan dalam pembuatan KTP elektronik di masa pandemi, dimana pelayanan dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) melalui ponsel android, masyarakat juga tidak dipungut biaya dalam proses pembutannya, penyediaan sarana dan prasarana telah memadai sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, dan menempatkan petugas yang kompeten sehingga memudahkan dalam pemberian pelayanan. Dalam hasil penelitian ini juga mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat pelayanan pembuatan KTP elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur di masa pandemi covid-19, yakni: faktor pendukung dimana alat yang tersedia dalam pemberian pelayanan telah memadai serta adanya sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya. Meskipun ada beberapa kendala teknis terutama dari jaringan internet serta tidak semua masyarakat memahami mekanisme pelayanan online.

Keywords : Pandemi Covid-19, Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pandemic Covid-19, Electronic Identity Card, Public Service
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:59
Last Modified: 04 Jan 2023 00:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24085

Actions (login required)

View Item
View Item