PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI DESA TIMUSU, KECAMATANA LILIRIAJA, KABUPATEN SOPPENG = PUBLIC SERVICES BASED ON INFORMATION TECHNOLOGY AND COMMUNICATION IN TIMUSU VILLAGE, LILIRIAJA DISTRICT, SOPPENG DISTRICT


Nurnaningsih, Nurnaningsih (2022) PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI DESA TIMUSU, KECAMATANA LILIRIAJA, KABUPATEN SOPPENG = PUBLIC SERVICES BASED ON INFORMATION TECHNOLOGY AND COMMUNICATION IN TIMUSU VILLAGE, LILIRIAJA DISTRICT, SOPPENG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181023_skripsi_22-07-2022 cover1.png

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181023_skripsi_22-07-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181023_skripsi_22-07-2022 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181023_skripsi_22-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2024.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

NURNANINGSIH, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skrispsi dengan Judul: Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng (Dibimbing Oleh Dr. H. A. M. Rusli, M.Si dan Dr. H. Suhardiman Syamsu, M.Si).
Penelitian ini membahas dan menganalisis bagaimana pelaksanaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan public di tingkat desa yakni aplikasi pelayanan publik Klan Desa beserta komponen-komponen pelayanan publik yakni dari segi pelayanan internal dan pelayanan eksternalnya masing-masing terdiri dari beberapa indikator.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan eksternal organisasi (servicedelivery) di Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng dan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan internal organisasi (manufacturing) di Desa Timusu.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yakni mendeskripsikan data yang sesuai dengan fakta masalah yang diteliti.Penelitian ini kemudian memberikan gambaran secara jelas tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan public di tingkat desa dalam hal ini aplikasi Klan Desa sebagai aplikasi pelayanan publik Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng.Pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikator-indikator pelayanan publik dua komponen diketahui bahwa kesemua poin indikator terpenuhi namun, tidak semua dikategorikan telah mencapai tahap yang maksimal di lapangan. Terdapat faktor-faktor institusional yang tidak mendukung dalam proses pelaksanaan atau pemanfaatan Aplikasi Klan Desa di Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Aplikasi yang melibatkan masyarakat sebagai pengguna perlu diadakan sosialisasi lanjutan agar masyarakat Desa Timusu dapat terbiasa dengan gaya pelayanan publik yang lebih modern.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, E-Government, Teknologi, Digital, Aplikasi Klan Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public Service, E-Government, Technology, Digital, Klan Desa Application
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:59
Last Modified: 04 Jan 2023 00:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24083

Actions (login required)

View Item
View Item