Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kehadiran Pegawai di Kantor Kecamatan Ponre Kabupaten Bone = The effectiveness of the application of fingerprint attendance on the discipline of employee attendance at the Ponre sub-district office, Bone district


Sugirna, Sugirna (2022) Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kehadiran Pegawai di Kantor Kecamatan Ponre Kabupaten Bone = The effectiveness of the application of fingerprint attendance on the discipline of employee attendance at the Ponre sub-district office, Bone district. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181015_skripsi_07-06-2022 cover1.png

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181015_skripsi_07-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181015_skripsi_07-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181015_skripsi_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

SUGIRNA, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi dengan Judul : Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kehadiran Pegawai di Kantor Kecamatan Ponre Kabupaten Bone (Dibimbing Oleh Prof.Dr.Rabina Yunus, M.Si dan Ashar Prawitno, S.IP, M.SI)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan fingerprint dalam peningkatan disiplin pegawai serta faktor-faktor yang mempengaruhi terwujudnya efektivitas penerapan fingerprint di Kantor Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu mendeskripsikan data dan fakta yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pencapaian target/tujuan dari terapkannya absensi fingerprint di Kantor Kecamatan Ponre belum sepenuhnya efektif. Peningkatan kedisiplinan para pegawai dari tingkat kehadirannya masih belum terimplementasi dengan baik, karena masih kurangnya kesadaran dari masing-masing pegawai sehingga masih ada beberapa pegawai yang masih sering terlambat dan tidak masuk kantor. beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan kebijakan ini seperti, sumber daya manusia dari instansi itu sendiri dan adanya kebijakan work from home (WFH). Adapun faktor pendorong dalam penerapan Absensi fingerprint di Kantor Kecamatan Ponre Kabupaten Bone adalah adanya kebijakan terkait pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Kata Kunci : Fingerprint, Kedisiplinan Pegawai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fingerprint, Employee Discipline
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:54
Last Modified: 04 Jan 2023 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item
View Item