Budaya Kerja Pengusaha Tionghoa : Studi Kasus Usaha Bengkel Di Kota Makassar = The Work Culture of Chinese Entrepreneurs: A Case Study of a Workshop Business in Makassar City.


Islami, Muh. Fariz Zainal (2022) Budaya Kerja Pengusaha Tionghoa : Studi Kasus Usaha Bengkel Di Kota Makassar = The Work Culture of Chinese Entrepreneurs: A Case Study of a Workshop Business in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51115505_skripsi_24-05-2022 cover1.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51115505_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51115505_skripsi_24-05-2022 dp.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51115505_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Muh Fariz Zainal Islami. E51115505. Budaya Kerja Etnis Tionghoa : Studi Kasus Usaha Bengkel Di Kota Makassar. Dibimbing oleh Dra Nurhadelia M.Si. dan Ahmad Ismail S.Sos, M.Si

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi, teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada informan dalam penelitian ini.

Keberadaan etos budaya kerja bagi pengusaha Tionghoa di Kota Makassar berhubungan terhadap kehidupan etnis Tionghoa. Hubungan tersebut mencakup dalam beberapa bidang, yaitu bidang ekonomi dan bidang sosial budaya. (1) Bidang Ekonomi. a) Memberikan kesejahteraan bagi keadaan ekonomi keluarga pedagang etnis Tionghoa. Berbisnis dari mulai dari bisnis kecil hingga sekarang sudah bisa dibilang besar. Bisnis dagang yang telah ditekuninya sejak dulu memberikan kesejahteraan bagi keluarga pebisnis etnis Tionghoa. b) Menumbuhkan orientasi masa depan di bidang Ekonomi. Etos budaya kerja yang dimiliki pebisnis etnis Tionghoa memberikan pandangan dengan berorientasi ke depan untuk usaha yang digelutinya. Kerja keras, disiplin, jujur, hemat, mandiri serta profit oriented yang merupakan unsur-unsur dari etos kerja pedagang etnis Tionghoa memberikan niat dan keinginan agar dapat bekerja yang lebih baik dan lebih berhasil.

(2) Bidang Sosial-Budaya. a) Sebagai eksistensi budaya. Letak area bisnis yang berada di daerah Pecinan tentu ada tujuan tertentu dari latar belakang berdirinya. Untuk tetap melestarikan budaya etnis Tionghoa yang hidup di tengah masyarakat Kota Makassar. Kota Makassar yang merupakan salah satu contoh kota multikultural di Sulawesi Selatan menunjukkan bahwa etnis Tionghoa di tengah arus modernisasi tetap bisa bertahan dan melestarikan budayanya. b) Memperkuat solidaritas Etnis. Dalam memperkuat solidaritas etnis ditunjukkan dengan cara dalam berdagang informan melibatkan keluarganya dalam usaha berbisnis tersebut.
Dalam urusan usaha berbisnis pebisnis etnis Tionghoa sering melibatkan keluarga sebagai rekan kerjanya.

Kata Kunci : Budaya Kerja, Etnis Tionghoa, Usaha Bengkel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Work Culture, Chinese Ethnicity, Workshop Business
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:50
Last Modified: 04 Jan 2023 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24069

Actions (login required)

View Item
View Item