Respons Kreatif Pelaku Bisnis Kuliner Berbahan Pisang di Kota Makassar = Creative response of Banana-Based Culinary Business People in Makassar City


Maulana, Muhammad Nur Julael (2022) Respons Kreatif Pelaku Bisnis Kuliner Berbahan Pisang di Kota Makassar = Creative response of Banana-Based Culinary Business People in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51115009_skripsi_22-09-2022 cover1.png

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51115009_skripsi_22-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51115009_skripsi_22-09-2022 dp.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51115009_skripsi_22-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

E51115009. Muhammad Nur Julael Maulana. “Respons Kreatif Pelaku Bisnis Kuliner Berbahan Pisang di Kota Makassar”. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Pawennari Hijjang, MA dan Ahmad Ismail, S.Sos, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan respon kreatif pelaku bisnis berbahan pisang di kota Makassar terkait selera pasar bisnis berbahan dasar pisang diKota Makassar, juga melihat bagaimana respon pelaku bisnis terhadap bisnis tersebut dan bagaimana strategi yang dijalankan pelaku bisnis sebagai upaya mempertahankan bisnis berbahan dasar pisang dikota Makassar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data deskriptif tentang respon masyarakat terhadap suatu fenomena bisnis kreatif berbahan dasar pisang, selain itu penelitian ini juga ingin menggambarkan terkait respon pelaku usaha melihat peluang bisnis tersebut yang kemudian menghasilkan strategi-strategi guna mempertahankan bisnis itu sendiri. Sehingga teknik penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi langsung dan wawancara mendalam atau in depth interview.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon pelaku usaha berbahan dasar pisang dikota Makassar sangatlah beragam, terkait bagaimana mereka melihat selera pasar yang berkembang di masyarakat juga terkait usaha bisnis pisang dikota Makassar. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penelitian ini mendapatkan hasil terkait selera pasar pada bisnis pisang yang kian banyak disukai dan berkembang di masyarakat dikarenakan bahan dasar bisnis tersebut yang sudah sejak lama disukai oleh masyarakat yang kemudian mudah diterima oleh masyarakat walaupun telah dimodifikasi menjadi makanan dengan bentuk lain atau model lain. Hal tersebut yang kemudian dilihat oleh para pelaku usaha dan dimanfaatkan sedemikian rupa dengan berbagai strategi-strategi yang dihasilkan. Strategi tersebut yang kemudian dilihat sebagai respon dari pelaku usaha bisnis berbahan dasar pisang yang ada dikota Makassar.
Respon pelaku usaha terkait fenomena tersebut menghasilkan sebuah strategi yang diterapkan dalam menjalankan bisnis itu sendiri, strategi tersebut diterapkan menjadi berbagai bentuk atau ide yaitu ide kemasan produk dan menu yang dihasilkan adalah bentuk adaptasi dari apa yang dilihat melalui minat masyarakat serta bentuk-bentuk pemasaran yang juga melihat dan mengikuti tren yang berkembang di masyarakat saat ini dengan menggunakan media sosial seperti instagram, tiktok, dan juga aplikasi online seperti grab food dan juga gofood.

Kata kunci : Industri Kreatif, Selera Pasar, Strategi Bisnis, Pandangan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Industries, Market Tastes, Business Strategies, People's Views.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:49
Last Modified: 04 Jan 2023 00:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item
View Item