ANALISIS IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) DALAM MEWUJUDKAN KEBERDAYAAN dan KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Study Kasus PT. Vale Indonesia di Kab. Luwu Timur) = Analysis of the Implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) in Realizing Community Empowerment and Welfare. (Case Study PT. Vale Indonesia in East Luwu Regency)


Razak, Rusli (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) DALAM MEWUJUDKAN KEBERDAYAAN dan KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Study Kasus PT. Vale Indonesia di Kab. Luwu Timur) = Analysis of the Implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) in Realizing Community Empowerment and Welfare. (Case Study PT. Vale Indonesia in East Luwu Regency). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E043181004_disertasi_16-08-2022 cover1.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E043181004_disertasi_16-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E043181004_disertasi_16-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E043181004_disertasi_16-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Rusli Razak : Analisis Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Dalam Mewujudkan Keberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat. (Study Kasus PT. Vale Indonesia di Kabupaten Luwu Timur).
(Dibimbing oleh Hj. Rabinah Yunus, Hasbi, dan Mansyur Radjab).
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menganalisis (1) Implementasi Tanggung Jawab Sosial Persahaan (CSR) PT Vale Indonesia, dan (2) Faktor-Faktor yang memengaruhi Keberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat, dan (3) Model Keberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat pada kawasan PT Vale Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan Data dilakukan melalui wawancara, observasi, telaah dokumen dan Focus Group Discussion (FGD) data dianalis menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT Vale Indonesia dilakukan melalui Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dengan Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) pada 10 kawasan. Strategi Partneship (SP) dalam bentuk Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) dan Social Contribution (SC) dalam bentuk pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM).(2) Implementasi Tanggung jawab Sosial Perusahan (CSR) PT Vale sudah berkembang dan lebih maju dibanding lima tahun sebelumnya,yang hanya bersifat Charity dan philantropis. Sekarang sudah bersifat pemberdayaan dan pengembangan yang menitik beratkan pada bidang Ekonomi, pendidikan dan kesehatan; (3) Model Implementasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT Vale Indonesia memadukan dua model pelaksanaan CSR. Pertama; dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan,CSR dalam hal ini PT Vale melaksanakan sendiri dan Kedua; melalui lembaga atau yayasan dalam hal ini bermitra dengan lembaga atau yayasan COMMIT, ALIKSA dan Karya Nusantara Konsultan (KNK). melalui penandatanganan Kerja sama.

Kata Kunci : Implementasi, CSR, Keberdayaan, Kesejahteran masyarakat

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Implementation, CSR, Empowerment, Community Welfare
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:49
Last Modified: 04 Jan 2023 00:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item
View Item