PEMANFAATAN IDENTITAS ETNIK BALI PADA PEMENANGAN I MADE SARIANA DALAM PEMILU LEGISLATIF DI LUWU TIMUR = THE UTILIZATION OF BALI ETHNIC IDENTITY ON THE WINNING OF I MADE SARIANA IN THE LEGISLATIVE ELECTION IN EAST LUWU


Yunus, Nurul Mutyah (2022) PEMANFAATAN IDENTITAS ETNIK BALI PADA PEMENANGAN I MADE SARIANA DALAM PEMILU LEGISLATIF DI LUWU TIMUR = THE UTILIZATION OF BALI ETHNIC IDENTITY ON THE WINNING OF I MADE SARIANA IN THE LEGISLATIVE ELECTION IN EAST LUWU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041181006_skripsi_15-06-2022 cover1.png

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041181006_skripsi_15-06-2022 1-2.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041181006_skripsi_15-06-2022 dp.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041181006_skripsi_15-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nurul Mutyah Yunus E041181006. Pemanfaatan Identitas Etnik Bali Pada Pemenangan I Made Sariana Dalam Pemilu Legislatif Di Luwu Timur. Di bawah Bimbingan Dr. Gustiana A.Kambo, M.Si. dan Drs. H. A. Yakub, M.Si.,Ph.D.
Identifikasi identitas etnik pada daerah yang heterogen seperti Luwu Timur menjadi kemestian. Dalam konteks politik terutama pada pemilu legislatif pemanfaatan identitas etnik masih sering terjadi. Setiap etnik mengiginkan adanya keterwakilan ke legislatif, hal tersebut yang membuat para aktor politik kerap memanfaatkan identitas etnik yang dimiliki untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Sama halnya dengan I Made Sariana yang menggunakan identitas etniknya dalam meraih kemenangan pada pemilu legislatif yang ada di Luwu Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa I Made Sariana menggunakan identitas etnik bali di tengah heterogen etnik yang ada di Luwu Timur serta bagaimana pengaruh pola penguatan identitas tersebut dalam kemenangan I Made Sariana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai beberapa informan yang di anggap dapat memberikan informasi yang tepat dengan menggunakan dua macam data yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa I Made Sariana menggunakan identitas etnik Bali pada daerah yang mayoritas memiliki etnik yang sama dengan dirinya. Meskipun tergolong sebagai etnik yang minoritas di Luwu Timur tetapi etnik Bali menjadi salah satu etnik yang mayoritas pada daerah tersebut, hal ini dikarenakan kebiasaan sosial etnik Bali yang hidup secara berkelompok sehingga jumlah etnik bali yang ada di daerah tersebut cukup banyak. Pola pendekatan yang digunakan oleh I Made Sariana dalam meraih dukungan masyarakat baik sesama etnik Bali maupun di luar etnik Bali cukup berpengaruh sehingga mengantarkan I Made Sariana dalam memenangkan pemilu legislatif yang ada di Luwu Timur.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Identitas Etnik, Bali, Pemilu Legislatif, I Made Sariana

Keywords : Pemanfaatan, Identitas Etnik, Bali, Pemilu Legislatif, I Made Sariana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Utilization, Ethnic Identity, Bali, Legislative Election, I Made Sariana
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:22
Last Modified: 04 Jan 2023 00:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24045

Actions (login required)

View Item
View Item