Analisis Pendapatan Usahatani Kakao Yang Terintegrasi dengan Ternak Kambing


Pasek, I Ketut (2022) Analisis Pendapatan Usahatani Kakao Yang Terintegrasi dengan Ternak Kambing. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab  I & II] Text (Bab I & II)
P012201004_tesis_31-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P012201004_tesis_31-10-2022 cover1.png

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P012201004_tesis_31-10-2022 dp.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P012201004_tesis_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

I KETUT PASEK. Analisis Pendapatan Usahatani Kakao Yang Terintegrasi dengan Ternak Kambing (Studi Kasus di Desa Rante Mario Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur). Dibimbing oleh Yunus Musa dan Rahmadanih.

Petani dalam usahataninya dihadapkan pada kondisi ketersediaan sumberdaya yang kompetitif dan terbatas serta sangat rentan terhadap perubahan yang terjadi pada alam sehingga memiliki risiko yang besar. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya yang bisa meminimalisasi kondisi tersebut, salah satunya dengan cara menerapkan sistem pertanian yang terintegrasi antar cabang usahatani seperti tanaman kakao dan ternak kambing. Dasar sistem integrasi adalah terdapat sinergi dan saling melengkapi antara tanaman dan ternak, dan limbah keduanya bisa saling dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat yang diperoleh oleh kakao dan kambing dalam sistem integrase serta menganalisis pendapatan usahatani bagi petani yang mengelola sistem integrasi di Desa Rante Mario, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif (deskriftive analysis) kuantitatif maupun kualitatif yaitu penelitian yang didasarkan pada pemecahan masalah-masalah faktual yang ada pada masa sekarang. Data yang dikumpulkan disusun, ditabulasi dan dijelaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model integrasi kakao-kambing memberikan manfaat berupa sarana produksi untuk kambing dapat diperoleh dari penanganan atau pengolahan hasil limbah (biomassa) dari kakao seperti daun dan kulit buah kakao untuk pakan bagi kambing. Sedangkan penanganan atau pengolahan hasil samping dari kambing dapat menjadi sarana bagi usahatani kakao seperti pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik bagi tanaman kakao. Pendapatan rata-rata setiap tahunnya dari usahatani integrasi kakao dan ternak kambing adalah sebesar Rp. 17,900,875 dengan nilai R/C Ratio sebesar 2,90 dan B/C ratio sebesar 1,90 yang berarti bahwa tingkat pendapatan usahatani integrasi tanaman kakao dengan ternak kambing di Desa Rante Mario menguntungkan dan usaha tersebut layak untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis pendapatan, integrasi usahatani, tanaman kakao, kambing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 04 Jan 2023 00:22
Last Modified: 04 Jan 2023 00:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24044

Actions (login required)

View Item
View Item