Klaim Wilayah Bungka Toddo Di Kalangan Masyarakat Nelayan Danau Tempe = Bungka Toddo Territory Claims Among the Lake Tempe Fishing Community


Hartoni, Hartoni (2022) Klaim Wilayah Bungka Toddo Di Kalangan Masyarakat Nelayan Danau Tempe = Bungka Toddo Territory Claims Among the Lake Tempe Fishing Community. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171506_skripsi_24-05-2022 cover1.png

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171506_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171506_skripsi_24-05-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171506_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

STRAK
Hartoni, E041171506. Klaim Wilayah Bungka Toddo di Kalang Masyarakat Nelayan Danau Tempe. Di bawah Bimbingan Andi Yakub dan Sakinah Nadir
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. serta untuk menopang kelangsungan hidup manusia. Sumber daya alam bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dengan mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Pada Kab. Wajo ini terdapat sumber daya alam melimpah yang keterlibatan pihak pemerintah memiliki kewenangan untuk mengelola wilayahnya sendiri. Kewenangan pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan mengenai pengelolaan sumber daya alam tidak lepas dengan implementasi kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.
Penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi kebijakan pemerintah daerah Kab. Wajo dalam mengatasi permasalahan terkait perluasan wilayah dengan teknik penangkapan secara tradisional yang dinamakan bungka toddo di danau tempe. Penelitian ini menguraikan mulau dari pemilihan lokasi, tipe penelitian, teknik pengumpulan data, serta teknik analisa data yang sangat membantu dalam penelitian ini. Untuk lokasi dalam penelitian ini di Kec. Sabbangparu yang menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sehingga penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Sehingga dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawan car mendalam sekaligus dokumentasi untuk menungjang kejelasannya hasil dari penelitian tersebut.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah pemerintah dalam mengeluarkan suatu kebijakan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat khususnya bagi nelayan, adapun implementasi kebijakan tersebut sudah dilaksanakan dan ditaati oleh seluruh masyarakat dengan harapan terciptanya kondisi kestabilan sumber daya alam sekaligus yang menunjang kesejahteraan masyarakat Kab. Wajo, meski begitu beberapa aspek dalam permasalahan awal kemudian mengarah pada permasalahan baru dikarenakan pihak pemerintah yang mulai lalai dalam menjalankan pengawasan pengelolaan sumber daya alam.

Kata Kunci : Kebijakan, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Implementasi kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Policy, Natural Resource Management, Implementation policy
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:04
Last Modified: 03 Jan 2023 08:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24040

Actions (login required)

View Item
View Item